7 Manfaat Sayur Kembang Kol

236 views

Kembang KolSayuran yang satu ini cukup di kenal di masyarakat, dan mudah untuk mendapatkannya karena banyak di budidayakan oleh masyarakat kita. Selain itu kembang kol juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita seperti manfaat untuk ganguan pencernaan, diabetes, radang usus dan masih banyak lagi manfaatnya seperti manfaat berikut di bawah ini.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada kembang kol terdapat vitamin C, Asam float, Vitamin B6, Vitamin B3 dan vitamin E. Oleh karena itulah kembang kol memiliki banyak manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebagian orang mungkin menggap kembang kol hanya berwarna putih akan tetapi kembang kol juga ada yang memiliki warna hijau, ungu dan orange.

Manfaat Sayur Kembang Kol

Kandungan yang terdapat dalam bunga kol dapat memberikan dampak kesehatan untuk tubuh jika secara rutin mengkomsumsi sayuran ini. Berikut ini 7 manfaat sayur kembang kol untuk kesehatan tubuh.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kembang kol mengandung Vitamin K yang bersifat antiradang. Kembang kol juga berkhasiat meningkatkan kesehatan jantung. Vitamin K juga bagus untuk tulang.

  • Dapat Mengatasi Kanker

Kembang kol mengandung indole 3 carbinol, seyawa yang efektif untuk mengatasi masalah pernapasan papillomatosis. Seyawa ini memiliki efek kemopreventif dan anti-estrogen yang dapat membantu dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

  • Mengatasi Gangguan Perut

Kembang kol merupakan sumber serat. Dengan demikian, kembang kol dapat membantu pencernaan dan meningkatkan pengeluaran racun dari dalam tubuh.

  • Mengatasi Hipertensi dan Kolestrol

Senyawa glucoraphanin dan sulforaphane yang terkandung di dalam kembang kol akan membantu mengurangi stres oksidatif dan jumlah kolestrol jahat (LDL). Juga akan mendorong stimulasi kolestrol HDL dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, serat dan asam lemak omega-3 dalam kembang kol juga membantu mengurangi kolestro jahat dan mencegah pengerasan arteri.

  • Mengatasi Radiasi Ultraviolet

Komponen sulfuraphone  pada kembang kol efektrif dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet.

  • Mencegah Stroke

Sayuran berdaging putih seperti kembang kol ini akan membantu mengurangi resiko stroke. Seyawa allicin yang terkandung di dalamnya berperan penting dalam proses pembersihan hati dan dan darah.

  • Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Kandungan kalium kembang kol sangat penting dan diperlukan dalam fungsi sistem saraf manusia dan kontraksi otot tubuh kita.

  • Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kembang kol kaya akan antioksidan dan nutrisi yang berberan penting dalam menjaga dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Sekajalan dengan senyawa sehat lainnya. Vitamin C dalam kembang kol juga dapat membantu mencegah berbagai macam infeksi dan memperkuat mekanisme pertahanan tubuh dengan menghambat pertubuhan peyebab peradangan.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *