8 Manfaat Menanam Pohon Untuk Lingkungan

294 views

Manfaat Menanam Pohon

Manfaat menanam pohon. Di saat musim kemarau seperti sekarang ini kebakaran hutan terjadi dimana-mana baik itu karena kelalian manusia atau sengaja di bakar. Dan dampak dari kebakaran hutan bukan hanya satu atau dua orang yang mengalami kerugian. Banyak orang yang terkena peyakit saluran pernafasan, penerbangan di hentikan dan masih banyak lagi kerugian akibat kebakaran hutan.

Dengan kesadaran akan pentingnya manfaat pohon dengan menjaga, melindungi, melestarikan, dan menanam pohon, banyak yang kita dapatkan dari manfaat menanam pohon. Manfaat menanam pohon dapat mengurangi dapak pemanasan global dengan kemampuan pohon dalam meyerap emisi karbon yang merupakan peyebab terjadinya pemanasan global. Berikut ini manfaat menanam pohon.

8 Manfaat Menanam Pohon

  • Manfaat estetis atau keindahan

Pohon memiliki beberapa bentuk tajuk yang khas, sehingga menciptakan keindahan sendiri. Oleh karena itu, apabila di susun secara berkelompok dengan jenis yang sama pada masing-masing kelompok dapat menciptakan keindahan atau susunan yang nyaman. Sruktur bangunan tanpa di imbangi pohon akan terasa gersang, sebaliknya apabila di sekitarnya di tanami pohon serta di tata dengan baik akan nampak hijau dan asri.

  • Manfaat orologis

Akar pohon dan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat, sehinga dapat mencegah erosi atau pengikisan tanah. Sehinga dapat mengurangi bencana tanah longsor yang hampir ada setiap musim hujan tiba.

  • Manfaat klimatologi

Baca Juga: Manfaat Biji Jenitri Untuk Kesehatan

Dengan banyaknya pohon, akan meurunkan suhu udara setempat. Sehingga udara di sekitarnya akan menjadi lebih sejuk dan nyaman.  Maka kehadiran kelompok pohon-pohon pelindung sangat besar artinya.

  • Manfaat ekologis

Lingkungan yang baik adalah seimbang antara struktur buatan manusia dan struktur alam. Kelompok pohon atau tanaman, air dan binatang adalah bagian dari alam yang dapat memberikan keseimbangan lingkungan.

  • Manfaat protektif

Manfaat protektif adalah manfaat karena pohon dapat memberikan pelindungan, misalnya terhadap terik sinar matahari, angin kencang, penahan debu, serta peredam suara. Di samping juga melindungi mata dari silau.

  • Manfaat hygienis

Manfaat hygienis adalah sudah menjadi sifat pohon pada siang hari menghasilkan O2(oksigen) yang sangat di perlukan manusia dan sebaliknya dapat meyerap CO2(karbondioksida)  yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran. Jadi secara hygienis pohon sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Nah, itulah 8 manfaat menanam pohon dan sebaiknya dari saat ini kita melindungi pohon dan menam pohon untuk masa depan yang lebih baik lagi. Jika masih ada manfaat lain, silahkan tinggalkan komentar. Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *