Amalan di Bulan Ramadhan yang Bikin Ibadah Sempurna

197 views

Bulan Suci Ramadhan selalu di tunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia. Dan Allhamdulillah kita masih ketemu lagi di bulan Ramadhan tahun ini. Walaupun ada yang kurang menurut saya ” tahun lalu puasa di temanin istri”. Walupun tidak ada istri harus semangat untuk menjalaninya.  Senang rasanya meyambut bulan yang penuh berkah ini, dimana bayak Amalan di Bulan Ramadhan yang bisa kita kerjakaan.

Pagi ini 18 Juni 2015 kita sudah mulai mengawali puasa, jangan sampai telat sahur yah. Untuk meyempurakan Amalan Ibadah di Bulan Ramadah ini umat Islam biyasanya memprioritaskan amalan ibadah sebulan penuh. Lalu apa saja Amalan di Bulan Ramadahn yang bikin ibadah semakin sempurna? Berikut ini amalan ibadah yang bikin sempurna, saya rangkum dari berbagai sumber.

Itikaf-Amalan-di-Bulan-Ramadhan

7 Amalan di Bulan Ramadhan

  • Puasa

Puasa adalah Amalan di Bulan Ramadhan yang paling utama bagi umat muslim. Dimana puasa adalah menahan makan dan minum dari pagi hari sampai waktunya imsak. Puasa dalam bahasa Arab Sahum yang memiliki makna, menahan diri dari makan, minum, dan lain-lain yang dapat membatalkan puasa.  Bukan menahan makan dan minum saja bro, hawa nafsu, mata, amarah dan perbuatan yang dapat membuat puasa tidak sempurna juga dilarang.

Puasa di bulan Ramadhan humnya wajib bagi Umat Islam yang sudah baliqh atau dewasa, berakan, sehat dan mukmim. Jadi jika Anda sudah memenuhi syarat tersebut jalannin puasa yang sempurna yah, Selain untuk ibadah puasa selama satu bulan penuh juga teryata untuk melatih diri dari berbagai hal.

  • Shalat Trawih

Semalam pada sahalat trawih nga? Shalat Trawih merupakan amalan ibadah yang hanya dilakukan di bulan Ramadhan saja. Ibadah ini termasuk kedalam sunnah muakad artinya tidak wajib. Tapi, sayang jika tidak dijalankan, kapan lagi bro bisa njalanin ibadah shalat trawih tahun ini.

  • Membaca Al Quran

Salah satu Amalan di Bulan Ramadhan yang sering dilakukan oleh umat muslim adalah membaca Al Quran. Bahkan sebagian dari meraka berlomba-lomba untuk mengkhatamkan Al Quran, hebat ya. Mudah-mudahan saya juga bisa khatam, walaupun membacanya terbata-bata. Amin.

Membaca Al Quran di bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang sangat luar biyasa. Setiap satu huruf dari Al Quran pahalanya sebanya 27 kali, Kapan lagi kalo bukan bulan Ramadhan.

  • Dzikir dan Doa

Orang yang sering berdoa kepada Allah maka akan dimuliakan hidupnya. Selain itu bulan Ramadhan adalah momentum dimana doa akan dikabulkan oleh Allah. Orang yang berdzikir dengan meyebut nama Allah makan Ia akan dijajikan Surga dan pahala yang begitu besar.

  • I’tikaf

Selain amalan-amalan tersebut di atas, Amalan di Bulan Ramadhan  yang selalu dinanti adalah I’tikaf. Pada bulan Ramadhan banyak yang berlomba-lomba melakukan I’tikaf pada malam-malam terakhir.  Karena di malam terakhir Ramadhan ada kemulian malam Laitlatul Qadar atau malam seribu bulan.

  • Infak dan Sedekah

Ibadah lainnya adalah Infak dan Sedekah, ini akan meyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan. Diriwayatkan dalam sebuah hadist yang berbunyi, “Rasulullah sedekah manakah yang paling utama?” Rasulullah menjawab, “Sedekah di Bulan Ramadhan.” (H.R Turmudzi). Maka dari itu perbanyaklah amalan ibadah Infak dan Sedekah. Termasuk saya ya jangan cuma pandai menulis.

  • Umrah

Umrah dilaksanakan pada bulan Ramadhan pahalnya sama dengan Haji Besar. Itulah Amalan di Bulan Ramadhan yang bikin ibadah semakin sempurna. JIka ada kesalahan dalam menulis atau kekurangan-kekurangan lain saya minta maaf. Semoga amal ibadah kita tidak sia-sia.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *