Bahaya Merokok Terhadap Kesehatan

214 views

Bahaya Merokok Terhadap KesehatanBahaya merokok terhadap kesehatan. Rokok merupakan peyebab dari 60% kematian di dunia. Rokok juga merupakan peyebab 40% dari 5 peyakit dan peyebab kematian yang sangat berbahaya di Indonesia, antara lain jantung, stroke, dan Diabetes Mielitus Tipe2.

Sebagian orang mengangap merokok adalah kebutuhan, dan ada yang bilang tanpa merokok akan lemas atau kurang semagat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Pada umunya orang yang merokok karena pengarung lingkungan sekitar, yang mengajarkan untuk merokok.

Ada yang bilang jika tidak merokok bukan cwo jantan, atau hal-hal lain. Hal ini yang membuat seseorang untuk merokok padahal kalo sudah terbiasa merokok susah untuk berhenti.

Kenapa para perokok susah untuk berhenti? Rokok mengandung zat adiktif yang membuat para perokok terutama perokok berat susah berhenti. Zat adiktif yang ada di rokok adalah zat nikotin, zat yang membuat seseorang kecanduan.

Sebagaian orang mengangap merokok tidak berhaya, karena ada beberapa orang yang sampai umur lanjut usia masih merokok juga masih sehat-sehat saja, ini juga teradang menjadikan alasan untuk tetap merokok. Tetapi merokok sama berbahayanya dengan pecandu narkoba, merokok secara tidak langsung menanam penyait dalam tubuh.

Mitos Tentang Kebiasaan Merokok

Berikut ini ada beberapa mintos tentang merokok di kalangan masyarakat. Mintos ini yang di jadikan alasan oleh para perokok berat, dan di jadikan alasan susahnya berhenti merokok. Padahal sebagaian dari meraka tau tentang bahaya merokok terhadap kesehatan mereka.

  1. Mitos: Keseimbangan sehat meyeibangkan efek buruk dari merokok. Fakta: Penelitian menujukan bahwa makan sehat dan olahraga tidak mengurangi risiko buruk merokok.
  2. Mitos: Beralih ke rokok elektrik mengurangi risiko kesehatan dari pada rakok manual. Fakta: Rokok elektrik justru membuat Anda menarik napas lebih dalam. Jadi, pada dasarnya Anda merokok dalam jumlah yang sama.
  3. Mitos: Merokok menjaga bentuk tubuh tetap stabil dan tidak melar. Fakta: Hal itu terjadi karena nikotin menekan nafsu makan. Mungkin Anda akan memiliki tubuh yang ramping. Namu, rokok merusak Anda dari dalam(meyerang organ dalam).
  4. Mitos: Merokok meredakan stress. Fakta: Meski ini alasan populer, perokok justru melaporkan mereka memiliki tingkat stress yang lebih tinggi dari yang bukan perokok.
  5. Mitos: Mengurangi jumlah rokok lebih baik. Fakta: Ini justru akan membuat mereka untuk merokok lebih keras. Ini memberikan rasa aman yang palsu dan akan membuat mereka berhenti merokok lebih sulit.
  6. Mitos: Saya merokok untuk kesenagan saya pribadi. Saya tidak merugikan orang lain. Fakta: Perokok tidak sadar bahwa merokok tidak hanya membahayakan diri mereka akan tetapi juga membahayakan orang lain.

Baca juga: Berhenti Merokok Ternyata Banyak Manfaatnya

Bahaya Merokok Terhadap Kesehatan

Sebab merokok dapat mengakibatkan kesehatan menurun, organ dalam rusak bukan hanya itu merokok juga mengangu kesehatan orang lain. Berikut ini mungkin bisa di jadikan alasan yang tepat untuk berhenti merokok.

  • Kerusakan Otak

Merokok dapat meningkatkan terkena penyakit stroke. Ini bisa meninbulkan kerusakan otak bahkan sampai meyebabkan meningalnya seseorang perokok. Merokok juga dapat meyebabkan terkena aneurisma otak.

  • Dapat Meningkatkan Terjadinya Kanker Mulut

Mulut Bau dan gigi benoda merupakan efek yang akan timbul karena merokok. Dapat menimbulkan sakit gusi dan indera perasa bisa menurun fungsinya. Bahkan masalah serius bagi para perokok berat bisa meningkatkan terjadinya kanker mulut, kanker tengorokan, kanker lidah.

  • Kanker Paru-Paru

Perokok berat juga berisko untuk terkena penyakit paru-paru. Bahan berbahaya yang terdapat di rokok salah satunya dapat merusak sel paru-paru yang kelama-lamaan bisa terkena kanker paru-paru.

  • Asam Lambung

Bahaya merokok dapat menimbulakan penyakit asam lambung. Tentunya Anda tidak mau terkena berbagai penyakit seperti asam lambung karena di sebabkan oleh rokok.

  • Penuaan Dini

Bahaya merokok terhadap kesehatan, Perokok akan lebih terlihat lebih tua ketimbang bukan yang perokok hal ini terjadi karena kurang-nya asupan oksigen kekulit. Penuaan dini akan di rasakan, seperti munculnya kerutan di area mata dan di sekitar mulut.

  • Kemandulan

Siapa sih pasangan yang normal, tidak ingin punya anak. Rokok juga salah satu sebab seseorang mengalami kemandulan. Hal ini karena didalam rokok terkandung berbagai zat yang sangat berbahaya, yang bisa meyebabkan kemandulan.

Baca Juga: Tips Cara Berhenti Merokok

Itu beberapa bahaya merokok terhadap kesehatan. Selain akibat-akibat tersebut di atas karena merokok. Merokok juga dapat mengakibatkan penyakit tulang, bahaya infeksi pernapasan pneumonisa dan masih banyak lagi karena rokok. Oleh sebab itu mindset untuk merokok di rumah ke mindset yang jauh lebih baik, seperti melakukan hal-hal baik atau mempelajari bahaya merokok.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *