Cara Membuat Blog WordPress Dengan Mudah

260 views

Cara membuat blog dengan wordpress?. Mungkin Anda salah satu orang yang sedang tertarik untuk membuat blog, saran saya sebaiknya membuat blog dengan CMS wordpress. Kenapa harus wordpress? tidak yang lain saja? karena wordpress memberikan fitur yang mudah digunakan, gratis dan memiliki fitur yang lengkap.

Sebelum lanjut ke tulisan berikutnya, mungkin Anda bertanya-tanya apa itu wordpress? wordpress adalah sebuah conten manggement system (CMS) yang bersifat open soure. Atau bahasa sederhananya software yang memudahkan Anda untuk membuat blog/website tampa harus ribet.

Selain wordpress Anda juga bisa membuat blog dengan blogger.com untuk tutorial membuat blog dengan blogger silahkan simak artikel Tutorial Membuat Blog di Blogger

Ada yang bilang untuk membuat website mengunakan wordpress itu ribet, harus berurusan dengan hosting, domain, html dan …… tapi tenang saja itu cuma mitos yang tak perlu di takutin karena cara membuatnya cukup mudah dan simple.

Oh ya wordpress ada dua platform yaitu worpress.org dan wordpress.com. Apa perbedaanya dari kedua platform tersebut. Meskipun namanya sama dan dari perusahaan yang sama tapi dari masing-masing platform perbedaannya besar. secara pengertian WordPress.com merupakan layanan hosted sedangkan WordPress.org merupakan layanan Self hosted.

Apa itu hosted dan self hosted? wordpress.com (layanan hosted) adalah website komersial yang mana Anda bisa membuat blog gratis atau tampa membayar namun tentunya ada kekurannganya. Ini seperti Anda memiliki apartemen, tanahnya bukan milik Anda, apartemenya milik orang lain. Anda bisa saja menghilangkan batasan-batasan tersebut akan tetapi harus membayar untuk mengilangkan batasan tersebut.

WordPress self hosted adalah salah satu cms/software open soure yang digunakan sebagai mesin blog. Jika pada WordPress.com Anda di berikan hosting gratis, maka berbeda dengan WordPress.org Anda harus meyediakan hosting dan domain sendiri, yang tentunya tidak gratis. Tapi dengan mengunakan WordPress.org banyak keuntungannya seperti mempunyai rumah dan tanah sendiri, mau di apa-apain terserah Anda. Yang intinya WordPress.org itu 100% milik Anda sendiri.

Untuk membuat website dengan wordpress self hosting terlebih dahulu Anda harus mempunyai hosting dan domain. Ada banyak jasa sewa hosting dan domain di Indonesia maupun di luar negri. sekedar saran saya untuk mendapat domain dan hosting murah Anda bisa membelinya di idwebhost.com

Setelah Anda memiliki domain dan hosting kini saatnya proses instalasi wordpress. Ada 2 langkah yang bisa Anda gunakan untuk membuat website dengan WordPress.org

  • Installasi WordPress dengan Softaculous

Masuk ke alamat cpanel Anda, alamat cpanel dan pasword di berikan oleh penyedia hosting setelah Anda membayar sewa hosting dan domain. Di cpanel inilah banyak tool ajaib salah satunya untuk menginstall WordPress. Setelah Anda berhasil masuk ke cpanel carilah aplikasi Softaculous kemudian klik.

Kemudian Anda akan masuk kehalaman berikutnya di sini banyak aplikasi CMS yang bisa di installkan di cpanel. Karena kita akan membuat website dengan WordPress maka Anda pilih CMS WordPress.

Saat cursor di lertakan di WordPress maka akan muncul beberapa pilihan yaitu Install, Demo dan Overview. Klik untuk langsung menginstall WordPress. Kemudian setelah Anda menginstall maka akan muncul kolom seperti dibawah ini, yang perlu Anda perhatikan adalah

  1. pada kolom IN DIRECTORY silahkan hapus tulisn WP nya
  2. login silahkan ganti sesuai keinginan Anda saya sarankan untuk mengantinya
  3. password ganti yang mudah di ingat oleh Anda, di usahakan dengan kombinasi huruf besar kecil atau angka
  4. admin email masukan dengan email aktif milik Anda

Setelah Anda meras cukup silahkan scroll ke bagian paling bawah kemudian klik install. Lalu tunggu prosses installasi sampai selseai. setelah proses install selesai akan mncul seperti gambar berikut ini. Selanjtunya Anda tinggal masuk ke dashbord admin untuk melakukan berbagai aktifitas ngeblog.

  • Installasi Melalui FTP di Cpanel

Cara kedua untuk installasi WordPress secara manual di bandingkan dengan cara install seperti cara di atas kelihatannya agak rumit. Tetapi pemula sekalipun bisa melakukan langkah cara install WordPress dengan FTP di cpanel.

Untuk menginstall dengan cara ini terlebih dahulu Anda harus Download WordPress. Anda bisa Mendownload di situs resminya atau klik Download WordPress. Upload dan extract ke hosting file WordPress yang sudah Anda download. Sebelum meng-upload terlebih dahulu Anda harus login dengan username dan pasword yang telah di berikan oleh penyedia jasa sewa hosting dan domain. Langkah-langkah untuk login sama seperti langkah yang di jelaskan di atas.

Kemudian buka aplikasi bernama File Manager seperti gambar dibawah.

Kemudian cari folder public_html, pilih file tersebut langkah selanjutnya upload file wordpress yang sudah Anda download barusan. Setelah proses upload selesai kemudian extract file tersebut dari menu yang ada di public_html.

Tampilan file managare di cpanel peyedia hosting Anda mungkin sedikit berbeda tapi langkah-langkannya sama. Kemudain klik reload dari menu,  setelah di refres akan ada menu WordPress yang barusan Anda download. Pilih menu tersebut selanjutnya select all dari menu seperti gambar berikut.

Kemudian klik Move atau Move file, selanjutnya hapus tulisan WordPress.

Sekarang tinggal beberapa langkah lagi Anda sudah mempunya website sendiri. Untuk langkah selanjutnya Anda harus membuat database agar website yang Anda sedang buat bisa berjalan dengan mulus. Untuk membuat database langkah-langkanya tidak terlalu rumit cukup ikuti seperti langkah berikut ini.

Buka kembali cpanel Anda kemudian cari aplikasi MySQL Database, nah di aplikasi ini Anda kan membuat database untuk menyimpan file WordPress Anda. Untuk membuat database klik menu tersebut maka Anda akan di bawa ke halaman seperti gambar berikut ini.

Buat nama database Anda

Untuk username dan password, Anda bebas memilih apa saja, password sebaiknya kombinasikan huruf besar kecil dan angka untuk keamanan database WordPress dari tangan-tangan yang kurang bertangung jawab. Kemudian tambahkan user ke database yang telah Anda buat dengan memilih Add User To Database dan klik sumbmit.

Pilih All Privileges dan klik Make Change

Pilih Make Change untuk membuat database. Pembuatan database sudah selesai. Selanjutnya buka website yang barusan Anda buat melalui broswer untuk melakukan installasi WordPress tahap akhir. Silahkan masukan database seperti yang Anda buat seperti gambar di bawah ini.

Jika tidak ada kesalahan dalam memasukan database name, user name dan pasword tidak akan terjadi eror dan setelah itu akan di bawa kehalaman berikutnya. Kemudian lengkapi data website yang Anda buat di halaman tersebut kemudian klik install tunggu proses  sampai selesai dan sekarang Anda sudah mempunyai blog dengan CMS Wrodpress.

Langkah selanjutnya tinggal Anda membuat post dan mengatur dasar-dasar WordPress sepeti membuat page/halaman, install plugin, menganti theme dan  aktifitas lain yang berkaitan dengan web yang Anda buat, selamat mencoba. Semoga Brmanfaat khusunya untuk Admin.

Galeri untuk Cara Membuat Blog WordPress Dengan Mudah

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *