Cara Membuat Page Dan Post Baru Di WordPress

322 views

Kali ini saya akan membahas cara membuat page dan post baru di WordPress. Bagian membuat posting dan page adalah hal yang wajib untuk para blogger. Karena posting adalah isi konten dari blog yang akan mendatangkan pengunjung.

Fungsi dari posting sendiri untuk memberikan informasi kepada para pengunjung, bagi para pemula yang pertama kali baru membuat blog terutama di platfrom WordPress akan kebingungan dalam mebuat post. Untuk membuat posting baru dan page cukup mudah yang tidak tau menahu tentang menulis posting atau orang gaptek sekalipun dalam hitungan menit bisa membuat posting, karena caranya terbilang mudah.

Selain tulisan atau artikel dari postingan Anda juga bisa memasukan gambar atau video ke post tersebut. Bagi yang tidak suka menulis atau malas untuk menulis Anda bisa menyajikan informasi yang berupa video atau gambar, sebagian orang menulis adalah hal yang membosankan dan melelahkan. Akan tetapi jangan pernah bosan-bosannya untuk terus belajar dan berusaha menulis untuk membuat konten yang menarik di blog Anda. Kalo tidak sekarang belajar menulis kapan lagi.

Berikut ini langkah-langkah awal cara membuat post di WordPress dengan mudah dan saya juga akan menjelaskan fungsi dari toolbar yang ada di menu post. Sebelum memulai menulis posting yang pastinya Anda seudah mempunyai blog, jika belum mempunyai blog dan ada keinginan untuk membuat blog berikut Cara Membuat Blog di WordPress.

  • Cara Membuat Posting Baru

Sebelum mebuat posting terlebih dahulu Anda harus masuk ke dashbord WordPress. Klik menu post kemudian klik tambah baru, menu tersebut  berada di bagian samping kiri.

Kemudian Anda akan di bawa ke halaman seperti screen shot tersebut di atas. Di halaman tersebut terdapat beberapa bagian berikut penjelasannya

  1. pada kolom ini Anda bisa memasukan judul artikel yang mau di posting
  2. add Media atau tambah media Anda bisa menambahkan gambar atau video ke posting supaya artikel lebih menarik
  3. Pada kolom tersebutlah isi dari konten yang mau Anda buat, Anda bisa menulis apa saja baik itu pengalaman pribadi, berita, humor atau tips
  4. di sini Anda bisa membuat kategori/pengelompokan posting seperti kategori andorid yang kusus untuk membahas seputar android.
  5. Anda bisa membuat tag sesuai dengan pembahasan dari artikel yang sudah Anda buat, dalam contoh Anda membuat artikel tentang manfaat dan kesehatan, karena tulisan berhubungan dengan berhubungan dengan topik tersebut yaitu manfaat dan kesehatan. Dalam penulisan tag harus di pisahkan dengan koma

Screen Short berikut ini adalah Toolbar yang berisi menu-menu untuk mengatur format post seperti untuk mengatur tebal huruf, rata kiri, rata tengah, rata kanan, masukan link, merubah warna tulisan dan masih banyak lagi. Fungsinya hampir sama seperti saat menulis di MS Word.

Featured image adalah gambar utama dari konten atau posting yang Anda buat. Untuk menambahkan featured image caranya cukup mudah, tinggal klik set featured image(buat gambar utama) menu tersebut berda di bagian bawah tag seperti gambar berikut.

Di tombol-tombol toolbar ada dua versi editor yang bisa anda gunakan yaaitu Visul dan text.

Pada menu visual di saat Anda mau membuat warna pada text tinggal pilih warna yang Anda inginkan dan textnya akan di cetak sesuai warna yang barusan Anda pilih. Pada dasarnya visual text memudahkan di saat kita menulis konten blog.

Berbeda dengan Text, di sini untuk menebalkan huruf Anda harus memasukan kode-kode html. Bagi yang sudah tahu kode html pekerjaan ini mudah akan tetapi untuk pemula dan tidak mengerti html sedikit membingungkan.

Jika konten atau post yang Anda buat sudah di rasa cukup sekarang sisanya tinggal publish menunya seperti srceen short berikut ini

Jika tidak ingin langsung di posting Anda bisa menyimpan terlebih dahulu konten tersebut dengan meng-klik Save Draft. Untuk menijau hasil konten Anda bisa meng-klik Preview hasilnya akan di tampilkan di tab baru. Di bawah Save Draft ada beberapa keterangan:

  1. Status: draft untuk mengembalikan hasil posting yang sudah di publish atau di terbitkan
  2. Visibility: Public di sini ada  dapat merubah konten tersebut apakah bisa di lihat oleh semua orang(public), tertutup(mengunakan password) atau privat
  3. Publish untuk mengatur jadwal penerbitan jika konten Anda ingin di buat penjadwalan kapan akan di terbitkan

Untuk langsung menerbitkan konten tersebut Anda bisa mengklik Publish dan sekarang posting pertama Anda sudah terbit.

  • Cara Membuat Page

Untuk membuat page baru langkah-langkahnya hampir sama seperti cara membuat psoting baru di WordPress. Yaitu pilih menu laman/pages di sidebar pada dashbord WordPress Anda. Dan kemudian klik tambah baru/Add New untuk membuat page baru.

Langkah selanjutnya untuk membuat page setelah Anda meng-klik Add New maka akan di bawa ke halaman seperti pada screen short berikut ini.

Pada keterangan title page Anda bisa membuat judul page seperti Abaut, Contact, Tos dan seterusnya. Pada dasarnya menulis Page sedikit berbeda dengan post karena biasanya isi dari page menjelaskan tentang website tersebut atau untuk membuat contact area untuk mengirimkan pertanyaan ke admin.

Dan biasanya pada website hanya terdapat beberapa page tidak seperti post yang isinya bisa sampai ratusan atau ribuan tergantung dari yang punya blog mau membuat berapa banyak postingan. Untuk membuat isi dari page, Anda bisa menuliskannya pada kolom di bawah kolom judul page. Setelah isi dari page di rasa penuh sekarang saatnya tinggal publish page.

Cukup mudahkan cara membuat page dan post baru di wordpress. Semoga bermanfaat dan natikan terus artikel berikutnya.

Galeri untuk Cara Membuat Page Dan Post Baru Di WordPress

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *