Cara Mengetahui Apakah Anda Terkena Penyakit Diabetes

250 views

Cara Mengetahui Apakah Anda Terkena Penyakit DiabetesPenyakit diabetes merupakan penyakit yang jumlah penyandangnya masih cukup besar. Meskipun angkanya cukup mencengangkan, baru sedikit penderita yang mengetahui bahwa mereka mengidap penyakit yang sulit untuk di sembuhkan. Hal ini cukup memprihatinkan karena bisa saja terjadi komplikasi yang sangat berbahaya.

Penyakit diabetes bukanlah penyakit yang datang tiba-tiba. Penyakit ini punya beberapa gejala yang mudah di kenali. Penyakit diabetes terbagi dalam beberapa tahap, karena faktor genetik. Selain faktor genetik, bisa juga karena dari lingkungan seperti asupan gizi yang tidak seimbang, kegemukan dan kurang bergerak.

Apabila terlambat menyadari bahwa terkena diabetes, penyakit ini dapat dengan cepat berkembang dan semakin parah yang bisa meyebabkan terjadinya komplikasi. Untuk mengetahui terkena diabetes, berikut ini ada langkah untuk mengetahui apakah anda terkena diabetes atau tidak.

Langkah Untuk Mengetahui Penyakit Diabetes

Langkah 1: Perhatikan Gejala-Gejala Di Bawah Ini

  1. Apakah anda seringkali merasa lemas dan cepat lelah?
  2. Anda sering buang air, terutama pada malam hari?
  3. Berat badan anda turun dratis walaupun anda tidak sedang berdiet?
  4. Anda memiliki luka yang sulit sembuh?
  5. Anda selalu merasa lapar?
  6. Apakah pengelihatan anda tergangu?
  7. Apakah anda mengalami infeksi alat kelamin/keputihan?
  8. Sering kesemutan atau mati rasa?
  9. Apakah anda sering kali mersa haus?
  10. Jika anda mengalami lebih dari 1 gejala di atas, sebaiknya segera cek gula darah puasa anda.

Langkah 2: Periksa Kadar Gula Puasa Anda

  1. <100 mg/dl: Gula darah anda masih termasuk normal
  2. >100-125 mg/dl: Anda mungkin mengalami prediabetes. Anda belum mengalami penyakit diabetes, tetapi beresiko tinggi terkena diabetes
  3. Di atas 125 mg/dl: Anda mungkin mengalami diabetes

Langkah 3: Bawa hasil pengecekan dan segera periksakan diri ke dokter! Apakah anda terkena pre-diabetes, diabetes tipe 1, atau tipe diabetes tipe 2.

Penyakit diabetes dapat diobati dengan mengkomsumsi makanan sehat, vitamin, dan mineral. Mengkomsumsi mineral dan vitamin yang tepat dapat membantu anda yang telah menderita diabetes untuk mengontrol kadar glukosa darah. Berikut ini 5 vitamin dan mineral yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes:

  • Vitamin A

Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, Vitamin A juga baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena kebanyakan para penderita diabetes juga mengalami gangguan pada pengelihatannya. Dengan mengkonsumsi Vitamin A, kualitas pengelihatanpun dapat terjaga.

  • Vitamin B

Vitamin B memang tidak berhubungan langsung dengan penyakit ini. Namun, penderita diabetes banyak mengkonsumsi obat metformin yang dapat meyebabkan kekurangan Vtamin B12. Oleh sebab itu vitamin ini pun diperlukan.

  • Vitamin C

Vitamin C mengandung zat antioksidan yang kuat yang dapat melawan radikal bebas, sehingga pembuluh dara dapat menjadi lebih kuat. Kerusakan pembuluh darah akibat penurunan sorbitol dapat terhindarkan.

  • Vitamin D

Vitamin D sangat penting bagi penderita diabetes. Ketika penderita diabetes menderita kekurangan Vitamin D, ketahanan tubuh dalam proses penyembuhan pun akan rendah.

  • Mineral.

Mineral seperti kromium, seng, dan magnesium sangat penting bagi penderita diabetes. penderita diabetes membutuhkan tambahan zat besi dalam proses peyembuhan peyakitnya. Di rangkum dari berbagai sumber.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *