Gamal Albinsaid Dokter Muda Pendiri Bank Sampah

461 views

Gamal AlbinsaidThepleng.com-Awal tahun  2014, Gamal Albinsaid dokter  muda asal Malang, Jawa Timur berkat sampah memperoleh penghargaan “The Prince of Wale Young Sustainability Entrepreneur” dari Kerajaan Inggris. Gamal Albinsaid yang pada saat itu baru berusia 24 tahun. Pangeran Charles mengapresiasi karena usahanya disebut dapat menyelesaikan dua persoalan masyarakat sekaligus, yaitu persolan sampah dan kesehatan.

Baca juga: Budi Setiono Chel Executive Hotel Termewah di Dubai

Tahun 2009 ketika awal jadi mahasiswa kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Bersama Dosennya Dr. Itas Rosita dibantu empat rekannya, Mohomad Maulana, Hamid Aluza, Sapta Adi dan Didin Arya mereka mengeluarkan ide untuk membuat bank sampah. Dan ide tersebut baru di jalannkannya pada tahun 2010, karena mereka merasa pada saat  mengeluarkan ide terbilang sebagai mahasiswa baru dengan keterbatasan biaya dan SDM.

Gamal Albinsaid Dokter Muda Pendiri Bank Sampah

Ide awal bank sampah, karena keprihatinya soal pembiyaan kesehatan bagi masyarakat dan keprihatinan akan sampah yang merusak lingkungan hidup. WHO menganjurkan agar pemeritah menganggarkan 15 persen dan APBN khusus untuk kesehatan. keyataannya UU No 36 tahun 2009 hanya mengamanahkan pembiyaan kesehatan itu lima persen per tahun. Bahkan kenyaataannya dilapangan hanya tiga persen. Program asuransi sampah ini salah satunya yang diambil dari Notoamijoyo. “Hakikat tertinggi  program kesehatan itu bagimana mengambil sumber  daya masyarakat untuk dikembalikan kepada mereka”.  Dengan bank sampah inilah masyarakat  tidak perlu mengeluarkan uang  untuk berobat, tetapi mereka membayar dengan sampah. Setiap minggu warga mengirim sampah ketempat yang sudah disediakan. Dan ketika ada warga tersebut yang sakit, mereka tinggal berobat ke klinik yang sudah disediakan dengan tampa mengeluarkan uang sepeserpun.

Profil Singkat:

  • Nama Lengkap : Gamal  Albinsaid
  • Lahir :  08 September 1989
  • Kota Kelahiran: Malang, Jawa Timur
  • Pendidikan: Universitas Brawijaya dengan jurusan Falkutas Kedokteran.

Penghargaan berupa The Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneur diterima Gamal Albinsaid setelah melalui seleksi ketat dari tujuh finalis. Gamal Albinsaid memperoleh hadiah sebesar 50.000 Euro sebagai dukungan finansial dan paket mentoring dari Universitas Cambridge yang dirancang secara individu. sumber artikel  ciputraentrepreneurship dan Wikipedia.

Galeri untuk Gamal Albinsaid Dokter Muda Pendiri Bank Sampah

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *