Ini Loh Manfaat Kerokan Untuk Masuk Angin

314 views

Ini loh Manfaat Kerokansumber google image

Sebenarnya saya cangung mau nulis artikel berjudul “Ini Loh Manfaat Kerokan Untuk Masuk Angin” tapi karena saya sudah terlanjur menulis judul tersebut mau nga mau ya saya usahain untuk meyelesaikannya. Apa yang Anda lakukan jika masuk angin? minum obat, kedokter atau mengobatinya dengan cara tradisional yaitu “kerokan”. Kalo saya pribadi saya kerokan dulu kalo masih belum sembuh juga baru saya minum obat.

Baca juga: Manfaat Air Rendaman Mentimun Untuk Kesehatan

                      Manfaat Dan Efek Kafein Untuk Kesehatan

Teryata budaya kerokan sudah ada sejak zaman kerajaan dulu. Dan budaya kerokan sampai sekarang masih menjadi alternatif untuk mengobati masuk angin. Meskipun jaman sudah modern teryata faktanya masih banyak orang yang mengunakan metode kerokan ini untuk meyembuhkan masuk angin. Metode ini biasanya dilakukan dengan menggaruk dan menekan bagian permukaan kulit mengunakan minyak dan benda tumpul seperti uang logam.

Ini Loh Manfaat Kerokan Untuk Masuk Angin

Istilah masuk angin sebenarnya tidak dikenal dalam dunia kedokteran. Masuk angin merujuk pada keadaan perut kembung, kepala pusing, demam ringan, dan otot nyeri. Kerokan yang biasanya mengunakan uang logam ataupun alat pipih tumpul yang digerakan di kulit secara berulang-ulang mengunakan minyak sebagai pelicin.

Bahaya nga sih kerokan? Selama ini ada angapan “orang yang sering dikerok kulitnya akan rusak, pori-pori kulitnya membesar, ataupun pembuluh darahnya pecah. Namun, hasil pemeriksaan di laboratotium patalogi anatomi UNS menujukan tidak ada kulit yang rusak ataupun pembuluh darah pecah, tetapi pembuluh darah hanya melebar, kata Prof Didik Gunawan.

Manfaat Kerokan

  • Meningkatkan Endorfin

Berdasarken penelitian tahap akhir yang dilakukan oleh Prof Didik Gunawan Tamtomo disimpulkan bahwa kadar endorfin orang yang dikerok akan naik signifikan. Peningkatan endorfin membuat mereka nyaman, rasa sakit hilang, lebih segar, dan bersemangat.

  • Kadar Prostaglandin Turun

Prostaglandin adalah seyawa asam lemak yang antara lain berfungsi menstimulasi kontraksi  rahim dan otot polos lain serta mampu menurunkan tekanan darah, mengatur sekresi asam lambung, suhu tubuh, dan mempengaruhi kerja sejumlah hormon. Di sisi lain, zat ini meyebabkan nyeri otot, penurunan Prostaglandin membuat nyeri otot berkurang.

Salah satu unsur dalam kerokan yang mengandung pengobatan adalah hubungan emosional antara orang yang dikerok dan orang yang mengerok. Seperti ibu mengerok anaknya yang sedang sakit karena masuk angin, si anak akan lebih merasa nyaman. Pengalaman pribadi saya sendiri, tersa lebih nyaman dikerok sama ibu dan dulu sewaktu saya masuk angin, saya sering minta tolong sama ibu untuk meng-kerokin, dan itu menjadi kebiasaan saya jika masuk angin langsung minta dikerok sama ibu. rujukan artikel Ini Loh Manfaat Kerokan Untuk Masuk Angin kiriman di Facebook Hadi Kuncoro dan seumber lainnya.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *