Kerjasama Tim Untuk Kemajuan Perusahaan

401 views

Kerjasama timThepleng.com – Bagimana membangun kerja tim yang baik untuk kemajuan suatu organisasi? Suatu organisai baik itu organisasi skala kecil maupun besar pastinya didalamnya terdapat tim yang membentuknya. Untuk kemajuan organisasi, tim yang baik dan solid dalam mengerjakan tugasnya masing-masing itu syarat mutak untuk ke majuan perusahaan.

Kita ambil contoh saja dari pengalaman admin thepleng.com. Perusahaan yang saya tempati bukanlah perusahaan yang bersekala besar bukan juga perusahaan kecil. Tempat saya bekerja bergerak di bidang perdaganngan alat-alat rumah tangga yang memiliki model seperti indomart. Sedikit berbedaanya yang kami jual bukan barang-barang sembako melainkan barang perabot perlengkapan rumah tangga dan ada beberapa toko di luar kota.

Untuk menjalankan toko-toko tersebut pimpinan perusahaan menuntut kami untuk mandiri tanpa pengawasan dari bos langsung. Dan toko tersebut di kelola oleh orang seperti admin. Bagi saya sendiri untuk menjalankan toko yang terbilang besar cukup menguras tenaga dan pikiran. Tetapi perusahaan terus di tuntut untuk mencapai hasil yang maksimal, untuk mencapai tujan tersebut kerjasama tim sangat di perlukan.

Karyawan individual yang cerdas dalam bekerja belumlah bisa memajukan suatu perusahaan jika hanya mementingkan dirinya sendiri. Untuk kemajuan perusahaan tim yang baik dan sehat akan dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan dan dapat memenuhi target yang di harapkan pimpinan. Kendala pasti ada dalam suatu tim tetapi jika di dasari rasa tanggung jawab bersama dan rasa menghormati antar individu yang satu dan yang lainnya, tim tersebut akan lebih maksimal untuk menjalankan tugasnya masing-masing.

Membangun Kerjasama Tim

Ada beberapa tips untuk meningkatkan kerjasama tim. Tips ini di ambil dari berbagai sumber dan berdasarkan pengalaman saya sendiri, berikut ini tipsnya.

  • Saling mengharagai antara individu yang lain dalam suatu tim dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan dan dapat memberikan efek yang sehat untuk tim tersebut. Jika ada salah satu karyawan ada gesekan dengan karyawan yang lainnya atau dengan atasannya, hal ini dapat membuat tim berantakan dan berakibat kurang baik terhadap hasil pekerjaan. Meyelesaikan masalah antar karyawan terlebih dahulu itu jauh lebih baik untuk hasil yang maksimal.

 

  • Minimal seminggu sekali adakan brefing untuk menimbulakan tibal balik antara pimpinan dan karyawan. Kegiatan ini dapat menjadikan rasa memiliki dan bertangug jawab bersama dalam bekerja. Saling memberikan masukan baik itu dari pihak pimpinan atau dari karyawaan yang berkaitan dengan pekerjaan akan membuat lebih semangat lagi, untuk memperbaiki kesalahan-keslahan dalam pekerjaan yang lalu. Dengarkan keinginan karyawan, dengan menerima masukan dari karyawan pimpinan sudah menghargai apresiasi baik untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan.
  • Memberikan apresiasi terhadap karyawaan yang memiliki prestasi dampaknya akan menular ke karyawan yang lain dan dapat membuat tim tersebut semakin  jauh lebih baik. Hal ini juga dapat sedikit meredakan tekanan yang timbul dari pekerjaan sehari-hari.
  • Jika ada proyek besar yang mau di kerjakaan sebaiknya koordinasi untuk memperoleh masukan-masukan antara pimpinan dan karyawaan. Dengan adanya hal ini akan menimbulkan saling memiliki tanggung jawab bersama dalam menuntaskan proyek besar tersebut. Dengan saling menghargai masukan-masukan yang di berikan untuk hasil yang maksimal, akan membuat dapat tim jauh lebih baik lagi.

Organisasi akan berjalan sesuai rencana jika di dalamnya terdapat tim yang baik. Dan untuk mewujudkan target yang di inginkan pimpinan perusahaan akan tercapai dengan kerjasama tim yang baik. Meskipun sering kali dalam tim ada kendala, dengan niat baik untuk memperoleh hasil yang baik paati akan tercapai. Perahu tidak akan bisa jalan jika saling mendayung denagan caranya masing-masing.

Galeri untuk Kerjasama Tim Untuk Kemajuan Perusahaan

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

2 thoughts on “Kerjasama Tim Untuk Kemajuan Perusahaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *