Makna dan Manfaat Berdzikir Kepada Allah

330 views

Sebagai hamba yang sadar dengan berbagai keterbatasan dan ketidakmampuan, sepatutnya kesyukuraan adalah hal yang mutlak terwujud mealui pengabdian kepada sang khaliq “Allah SWT” serta senantiasa “Dzikir”. Mengingat kepada-Nya dalam setiap desah nafas, deyut nadi dan detak jantung.

Makna dan Manfaat berdzikir Kepada Allahimage: silahturahmihati.blogdetik.com

Allah SWT berfirman yang artinya: “Dan ingatlah sebanyak-banyaknya kepada tuhanmu dan ucapan tasbih pada waktu sore dan pagi” (Qs Ali’Imran;41).

Makna dan Manfaat Berdzikir Kepada Allah

Peringatan dan tuntutan Allah tersebut menerangkan peran dan tanggung jawab kita sebagai hamba yang mesti selalu berdzikir meyebut seraya mengingat kepada-Nya. Bahkan dalam ayat lainnya, Allah berfirman yang artinya: “Dan ingatlah (kepada) Tuhanmu di dalam hati dengan merendahkan diri dan takut”. (Qs, Al A’raf;205)

Kedua ayat di atas memperingatkan secara tegas bahwa segenap insan dituntut dengan ketulusannya untuk selalu “Dzikir”, yaitu mengagungkan “Allah, Allah, Allah” serta kalimat Thayyibah lainnya; tasbih, tahmid, dan tahlil.

Baca juga : Keajaiban Sujud Dalam Shalat

Pada dasarnya, Dzikir ada dua cara, dzikir dengan hati dan dzikir dengan lisan. Kedua cara tersebut masing-masing terbagi dua pula, yaitu:

  1. Dzikir dalam arti ingat, dari yang tadinya lupa
  2. Dzikir dalam arti kekal ingatannya

Makna dan manfaat berdzikir kepada Allah. Dzikir dengan lisan berarti meyebut nama Allah, sifat-sifat-Nya, atau pujian-pujian kepada-Nya secara berulang-ulang. Dan untuk dapat selalu melakukannya, hendaknnya dibiasakan atau dilaksanakan berkali-kali dan berulang kali.

Dzikir kepda Allah dengan hati; adalah menghadirkan kebesaran dan keagungan-Nya didalam diri dan jiwa sehingga dari setiap desah nafas dan detak jantung kita senantiasa bernuansa dzikir dan penghambaan kepada-Nya. Tak ada yang diingat kecuali Allah, tak ada nafas yang dihirup dan dihembusakannya kecuali dengan lafadz, Allah.

Makna dan Manfaat Berdzikir Kepada Allah

Bagi hamba-hamba yang ikhlas senantiasa menuntun dirinya serta memanfaatkan waktu hidupnya untuk tetap dan senantiasa berdzikir(lahir dan batin) kepada Allah, insya Allah niscaya akan selalu berada dalam petunjuk dan lindungan-Nya pula.

Selain kemulian tersebut, melalui firman Allah ditegaskan bahwa yang artinya: “Orang-orang yang beriman itu hatinya menjadi tentram kerena ingat kepada Allah, Ingatlah! Bahwa dengan ingat kepada Allah hati menjadi tentram”.(Qs,ar Ra’d;28)

Makna dan manfaat berdzikir kepada Allah. Pada ayat-ayat lain, Allah berfirman yang artinya: “Dan ingatlah kepada Allah sebayak-banyaknya suypaya kaliaan mendapat kemenangan”.(Qs, al jumu’ah;10) Oleh karena itu, mutlak bagi kita memanfaatkan hidup untuk berdzikir kepada Allah, sehingga akan tercipta ketenangan dan kedamaian di hati.

penulis adalah :

  • Helmi Irmawaty
  • Guru Pendidikan Agama Islam
  • Wakil Bendahara Bidang Riset dan Pengembangan Teknologi DPD KNPI Privinsi Sulawesi Tenggara
  • Kutipan dari: Tenggara News

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *