Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

219 views

Manfaat Bawang Putih Untuk KesehatanManfaat bawang putih sangat baik untuk kesehatan, Beberapa penelitian dan study telah membuktikan jika bawang putih baik untuk jantung bahkan dapat mencegah kanker. Sejak zaman mesir kuno atau tepatnya 1550 tahun sebelum masehi bawang putih sudah digunakan sebagai salah satu obat-obatan guna meyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Biasanya bawang putih hanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit, itulah alasan mengapa komponen kesehatan yang terdapat didalam bawang tidak bisa kita peroleh secara optimal. Didalam bawang terkandung dosis vitamin C yang cukup tinggi, namun memperoleh manfaat vitamin C pada bawang secara optimal setidaknya kita harus mengkomsumi 800 gram bawang putih, sementara bawang putih hanya kita gunakan sebagai pelengkap makanan saja. Itulah mengapa khasiat bawang putih kurang maksimal, padahal rempah-rempah yang satu ini memiliki banyak khasiat.

Baca juga : 3 Alasan Minum Air Putih Bisa Cegah Flu

Khasiat yang dimiliki bawang putih tidak lain berasal dari beberapa vitamin serta mineral yang dikandungnya, di antaranya vitamin A, B, dan C, Polyphenol dan sulfida, serta Andenosin, juga potasium dan selenium. Selain itu karena merupakan antimikrobial dan antiperadangan, bawang putih dapat membantu proses penyembuhan serta pencegahan infeksi.

Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa manfaat bawang putih mampu menghalau kerusakan sel-sel dan perkembangan sel-sel tumor, hal ini dikarenakan efek antioksidan dari phytochemical yang dimiliki salah satu jenis tanaman rimpang ini. Anti oksidan alami pada bawang putih dapat membantu sistem imun bekerja lebih maksimal dalam menangkal radikal-radikal bebas, yang meyebabkan degenerasi dan penuaan dini.

Jadi dapat kita simpulkan, dengan menkomsumsi bawang putih secara rutin dan teratur  dapat mencegah aterosklerosis. Aterosklerosis sendiri adalah peyebab pembulu arteri karena penumpukan lemak dan kolestrol, yang meyebabkan stroke dan serangan jantung.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Di dalam bawang putih juga terkandung alicin, alicin adalah salah satu komponen biologis aktif yang paling utama dan besar kandungannya dalam bawang putih. Fungsi alicin sendiri yang merupakan zat anti bakteri yang terkandung dalam  bawang putih. dari berbagai riset yang telah dilakuakan terhadapap zat ini dan menentukan bahwa ia memiliki efek penting untuk beberapa manfaat kesehatan, seperti dibawah ini :

  • Untuk obat flu

Kandungan dan sulfur yang terdapat dalam bawang putih membuat bawang memliki bau dan rasa yang khas dapat mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, dapat membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus peyebab penyakit.

Cara memanfaatkan bawang putih untuk obat flu dan batuk, yaitu makan banyak-banyak bawang putih segera setelah merasa sakit atau bisa menambahkan lebih banyak bawang putih ke masakan. Atau membuat obat dari bawang putih yang caranya, hancurkan bawang dan masukan ke dalam susu dingin lalu di rebus 1-2 menit dan minum ramuan tersebut selagi masih hangat. atau cairkan bawang putih sebanyak 5 tetes kedalam 1 sendok teh dan diminum secara teratur 3 kali sehari.

  • Kanker

Kandungan organosulfida yang terdapat pada bawang putih membantu hati memproses seyawa kimia beracun dan termasuk seyawa kimia yang meyebabkan kanker. Beberapa penelitian membuktikan bahwa orang yang banyak mengkomsumsi bawang putih dapat menghidarkan terkena penyakit kanker usus besar dan perut.

  • Dapat meningkatkan stamina

Setelah diteliti lebih mendalam teryata manfaat bawang putih juga dapat meningkatkan stamina. Orang yang rutin mengkomsumsi bawang putih baik itu dicampur dalam makanan tidak mudah untuk terserang penyakit flu dan dapat menambah daya tahan tubuh.

  • Dan anti mikroba/bakteri

Sebuah penelitian membuktikan bahwa bawang putih segar mengandung asam amino alicin yang memiliki sifat antibakteri, antiviral dan antifungal terutama dalam mengatasi parasit usus. Bawang putih juga memiliki kemampuan seperti penicilin yang mampu mengatasi bakteri.

Pengaruh bawang putih

Tidak diragukan lagi akibat terlalu banyak mengkomsumsi bawang putih juga dapat membuat napas bau tak sedap. Akan tetapi kita dapat mengatasinya dengan cara:

  1. Minum kopi atau teh setelah makan bawang putih
  2. Makan kulit limau dengan cara dikunyak
  3. Mengimbangi memakan makanan berprotein
  4. Mengkomsumsi bawang putih dengan cara direbus terlebih dahulu

Itulah, manfaat bawang putih untuk kesehatan yang kita peroleh jika mengkomsumsi bawang putih secara rutin.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *