Manfaat Buah Apel Untuk kesehatan

212 views

Manfaat Buah Apel Untuk kesehatanManfaat buah apel cukup banyak, buah yang satu ini cukup di gemari semua orang. Buah ini juga salah satu buah yang paling banyak di budidayakan dan di komsusmi di dunia. Jika anda salah satu orang yang suka makan buah apel tidak ada salahnya untuk mengetahui manfaat buah apel untuk kesehatan.

Kandunga zat yang terkandung di dalam apel cukup banyak seperti antioksidan, flavonida, dan serat makanan. Fitonutrien dan antioksidan dalam buah apel dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit kanker, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Selain kandungan zat tersebut diatas apel juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, vitamin A, dan terdapat juga vitamin B komplek. Dan hal ini tidak mengeharankan jika buah apel memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Lalu seperti apa manfaat buah apel, jika anda penasaran dengan apa saja manfaatnya,  jika mengkomsumsi bua apel secara teratur ikuti terus artikel ini.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Manfaat buah apel untuk kesehatan

Berikut ini manfaat buah apel yang diambil dari berbagai sumber, salah satu seumbernya medicalnewstoday.com.

  • Meningkatkan kesehatan saraf

Salah satu manfaat buah apel adalah apel sangat baik untuk kesehatan saraf. Buah ini mengandung antioksidan yang disebut quercetin yang mampu mengurangi kematian sel yang di sebabkan oleh oksidasi dan peradangan neuron, menurut penelitian yang dilakukan oleh G. Biro dan M. Martinoli di University of Quebec.

  • Mencegah penyakit alzheimer

Para peneliti di Cornell University melalukan penelitian, yang di terbitkan dalam Journal of Food Science, yang mendapatkan bukti yang menujukan bahwa buah apel dapat membantu atau melindungi sel-sel neuron terhadap stress yang di sebabkan neurotoksisitas. Hal ini dapat mengurangi resiko terkena gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

  • Menurunkan kadar kolestrol jahat

Sebuah penelitian  yang yang di lakukan di The Florida State University mengatakan bahwa apel benar-benar memiliki manfaat yang cukup banyak, Penelitian tersebut menemukan bahwa wanita yang lebih tua yang mengkomsumi buah apel setiap hari memiliki 23% lebih sedikit kolestrol jahat(LDL) dan 4% kolestrol baik(HDL).

  • Mengurangi resiko diabetes

Manfaat buah apel yang lainya, apel dapat membantu menurukan terkena resiko diabetes. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang mengkomsumsi apel, bauh anggur, bluberry atau pir memiliki resiko lebih rendah terkena diabetes dibandingan mereka yang tidak mengkomsumsi secara teratur. Selain itu buah yumberry juga memiliki manfaat kesehatan yang patut untuk anda ketahui.

  • Mencegah penyakit kanker

Para ilmuan dari American Association for Cancer Research, mensetujui bahwa mengkomsusmi buah apel yang kaya flavonol dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit kanker pankreas hingga 23%. Para peneliti telah berhasil mengindentifikasi beberapa zat senyawa yang terkandung di kulit buah apel, ampuh menghentikan kegiatan anti-pertumbuhan terhadap sel kanker di hati, usus besar dan payudara. Dan ini membuktikan mengkomsumsi buah apel dengan kulitnya jauh lebih baik.

  • Menyehatkan jantung

Beberapa zat senyawa yang terkandung di kulit apel juga dapat mencegah kolestrol yang masuk ke sistem tubuh anda dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terkumpul di arteri, hal ini akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang dapat meyebabkan penyakit arteri koroner.

Nah, itu manfaat buah apel yang di dapatkan jika anda secara rutin mengkomsumsinya, silahkan di share jika menurut anda artikel ini bermanfaat.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *