Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan

332 views

Taukah anda? bahwa buah jamblang yang memiliki bentuk bulat lonjong dan memiliki warna hitam yang rasanya manis, banyak memiliki manfaat kesehatan. Dari bentuknya buah ini hampir sama dengan buah anggur, yang membedakan bentuk buah jamblang bulat lonjong. Buah jamblang juga di kenal dengan buah juwet, yang memiliki nama latin Syzgium Cumini. Sekarang ini buah jamblang tergolong langka, buah ini bisa di temui di daerah pedesaan.

Selain di kenal dengan buah juwet teryata buah ini juga memiliki nama-nama lain di wilayah Indonesia. Seperti masyarakat Ternate meyebutnya buah jambula. Kandungan nutrisi yang terdapat di buah jamlang cukup banyak sehingga buah jamblang atau jambu kleng (Aceh) memiliki manfaat yang cukup banyak.  Kandungan  nutrisi yang terdapat dalam buah jamblang meliputi:

Kandungan Nutrisi

Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan

  1. Vitamin A
  2. Vitamin C
  3. Minyak astiri
  4. Alkaloid
  5. Fenol
  6. Asam organik
  7. Triterpenoid
  8. Asam elagat
  9. Tanin
  10. Niacin
  11. Asam Pantotnenat
  12. Magnesium
  13. Sodium
  14. DLL

Tinggi pohon buah jamlang 10-20 meter yang dapat tumbuh di dataran rendah  di ketinggian 500 meter dari permukaan air laut. Sangat di sayangkan bauh dengan kandungan nutrisi yang cukup banyak ini sudah jarang di temui atau tergolong langka. Selain itu buah ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan, seperti apa manfaat buah jamblang bagi kesehatan tubuh, berikut ulasannya.

Manfaat Buah Jamblang Untuk kesehatan
  • Untuk Mengobati Diabetes

Para ahli di bidang kesehatan memanfaatkan bauh jamblang untuk obat diabetes. Dari penelitian bahwa biji, daun, serta kulit kayu jamblang dapat menurukan kadar gula darah penderita diabetes militus. Dari hasil penelitian para ahli di bidangnya biji buah jamblang dapat meneurunkan kadar gula darah sebesar 30%.

  • Mejaga Jantung

Kandungan asam ellagic, anthocyanins, serta anthocyanidins memiliki manfaat anti inflamsi. Senyawa tersebut memiliki fungsi antioksidan yang dapat mencegah oksidasi kolestrol dan fomrsi plak yang dapat meyebabkan penyakit jantung. Kalium yang terdapat dalam buah jamblang dapat mencegah hipertensi yang salah satunya di sebut sebagai peyebab penyakit jantung.

  • Kanker

Dari beberapa penelitian yang di lakukan oleh tim peneliti Jageta GG, dipatkan kesimpulan ekstrak buah juwet dapat menghambat radiasi yang disebakan oleh generasi radikal bebas peyebab penyakit kanker.

Selain manfaat buah jamblang diatas khasiat yang di dapat juga bisa untuk mengobati Asma, batuk kronis, mengobati diare pada anak, melancarkan pencernaan, juga dapat untuk mengobati infeksi. Bagian-bagian dari buah jamblang seperti daun, biji serta kulitnya dapat di manfaatkan sebagai obat baik itu obat herbal atau obat yang di olah secara modern.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *