Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

196 views

Manfaat Buah PisangManfaat buah pisang untuk kesehatan – Tanaman pisang merupakan salah satu tanaman yang bayak di temukan di beberapa negara, hampir setiap negara mengenal buah pisang. Buah yang memiliki bentuk bulat panjang dengan warna kulit kuning ( tidak semua pisang memiliki warna kuing) dan daun lebar. Selain memiliki warna kulit kunig ketika matang, kulit buah pisang ada yang warnyanya merah, hijau, dan jingga.

Tanaman pisang sangat mudah untuk tumbuh, karena tanpa menanam pun tanaman ini dapat berkebang cepat asalkan sebelumnya sudah ada tanaman tersebut. Untuk perawatannya tergolong mudah dan biayaya perawatannya cukup terjakau.

Selain dikonsumsi untuk pencuci mulut, buah pisang juga dapat di olah menjadi makanan yang memiliki rasa lezat seperti dibuat kolak, jus pisang, bahkan ada yang di buat untuk campuran es buah. Buah pisang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh karena kandungan vitamin, mineral yang terdapat di dalamnya cukup lengkap.

Kandungan Vitamin dan Mineral
  1. Terdapat vitamin C
  2. Vitamin B kompleks
  3. Kalium
  4. Kalsium
  5. Fosfor
  6. Zat besi
  7. Magnesium
  8. Serat
  9. Protein
  10. Mangan

Vitamin dan mineral yang terdapat di buah pisang seperti yang tertera di atas, semua itu memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak di pungkiri manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh itu cukup banyak. Buah pisang salah satu buah yang terjakau oleh masyarakat selain harganya yang murah tanaman ini juga tidak mengenal musim. Apa saja manfaat buah pisang, berikut ini ulasannya.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

  • Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi buah pisang secara teratur dapat meyehatkan jantung dan mengurangi terkena penyakit jantung. Ini di sebabkan kandunga karbonhidrat dan vitamin A jauh lebih banyak dari buah apel. Buah pisang juga mengandung vitamin C dan juga terdapat seyawa flavonid yang memiliki sifat antioksidan. Kandungan kalium yang terdapat di buah pisang merupakan suatu tonik yang dapat menjaga kesehatan jantung.

  • Untuk Penderita Diabetes

Para ahli dengan penelitian terhadap penderita diabetes tipe 1, membuktikan yang rutin mengkomsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa dan dan meningkatkan lipit insuli.

  • Baik utnuk pencernaan

Buah pisang kaya akan serat sehinga buah pisang sangat baik untuk mengatasi sakit sembelit. Dengan mengkonsumsi buah pisang secarat teratur dapat menjaga pencernaan, apa lagi jika di campur dengan satu gelas susu hal ini dapat mengurangi terkena peyakit kanker usus.

  • Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang terdapat di buah pisang, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi secara rutin buah pisang baik untuk menjaga keshatan mata.

Selain manfaat buah pisang yang di sebutkan diatas masih ada banyak lagi manfaatnya baik itu untuk kesehatan maupun untuk perawatan kecantikan, seperti:

  1. Pisang kaya akan serat, mengkonsumsi buah pisang dapat menurunkan berat badan
  2. Buah pisang juga baik untuk ibu hamil karena kandungan asam float dapat mencegah kecacatan pada bayi
  3. Buah pisang juga di percaya dapat meyehatkan otak
  4. Mengkonsumsi buah pisang juga dapat untuk mengobati penyakit asma, diare, anemia dan liver
  5. Buah pisang kaya akan karbonhidrat, mengkonsumsi buah pisang dapat mengembalikan energi yang sebelumnya terkuras
  6. Buah pisang dapat di buat masker wajah, ini bermanfaat untuk menjaga kehalusan kulit wajah.

Nah, itu segudang manfaat buah pisang. Mulai dari dapat melancarkan pencernaan samapi dapat meyehatakan jantung. Tidak ada salahnya mengkonsumsi buah yang harganya terjangkau ini, untuk menjaga kesehatan Anda.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *