Manfaat Cangkang Telur Yang Harus Anda Ketahui

211 views

Kebiyasaan yang sering kita lakukan setelah makan telur adalah membuang cangkang telur, dianggap bahwa cangkang telur tidak memiliki manfaat. Padahal tampa kita sadari, cangkar telur 90% memiliki kalsium murni yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Cangkang Telur Yang Perlu Anda Ketahui

Sumber kalsium yang ada pada cangkang telur secara kimiawi mirip dengan kalsium yang membentuk tulang dan gigi manusia. Karena kesamaan kimiawi ini, kalsium cangkang telur mudah diserap kedalam tubuh dan membantu banyak aspek kesehatan tubuh kita. Cangkang telur juga merupakan sumber besar dari mineral-mineral lain, yang diantaranya :

  1. Zat Besi
  2. Zink
  3. Copper
  4. Mangan
  5. Florin
  6. Fosfor
  7. Kromium
  8. Molybdenum

Baca juga : Manfaat Dan Khasiat Daun Pandan Wangi

 Manfaat cangkang Telur Untuk Kesehatan

Lalu apa saja manfaat cangkang telur untuk kesehatan, berikut ini beberapa manfaat cangkang telur untuk kesehatan tubuh kita.

  1. Menghaluskan Tumit. Memiliki tumit kering atau pecah-pecah? Pasti kadar PD kita jadi turun dratis karena malu. Tapi jangan kwatir lagi! Tumit kering bisa disembuhkan dengan cangkang telur saja. Caranya, haluskan cangkang telur dan oleskan pada tumit yang kering dan pecah-pecah kemudian biarkan hingga area cangkang mengering. Bilas dengan air bersih.
  2. Mengobati Iritasi Pada Kulit. Iritasi pada kulit sering kali membuat kita gatal dan perih, bahkan menimbulkan ruam merah yang mengangu penampilan. Tapi tak usah kwatir, hanya dengan cangkang telur kulit iritasi bisa disembuhkan. Caranya, Masukan cangkang telur kedalam wadah yang sudah diisi dengan cukai sari apel. Rendam selama 2 atau 3 hari. Larutan cuka itu akan sedikit mengental, oleskan pada bagian yang iritasi.
  3. Perban. Tergores akibat kecelakaan dan tidak ada perban? Coba haluskan cangkang telur. Setelah itu gunakan sebagai perban untuk menutup luka. Biarkan hingga mengering dan cangkang mengelupas sendiri.
  4. Masker. Cuci cangkang telur sampai bersih kemudian keringkan. Setelah kering, tumbuk cangkang sampai benar-benar lembut. Serbuk cangkang telur tesebut dengan air putih telur, aduk sampai rata dan bisa dipakai sebagai masker. Setelah masker kering dan bilas wajah dengan air.

Selain manfaat cangkang telur untuk kesehatan seperti yang tercantum diatas, cangkang telur juga bisa dimanfaatkan untuk berbgai hal seperti :

  1. Pupuk. Kulit telur yang mengandung kalsium, zat inilah yang dibutuhkan untuk meyuburkan tanaman. Untuk membuat pupuk dari cangkang telur cukup mudah. Caranya, hancurkan cangkang telur hinga halus, kemudian sebarkan disekitar tanaman.
  2. Pembasmi Hama. Manfaat cangkang telur yang selanjutnya dapat menangkal hama tanaman.  Caranya haluskan cangkang telur kemudian taburkan bubuk kulit telur ke daun tanaman yang terkena hama. Jenis hama tanaman yang bisa diusir sperti siput, keong, mollusca, kutu, dan kumbang.

Nah itu Manfaat Cangkang Telur Yang Harus Anda Ketahui, sumber dari berbagai sumber. Informasi tersebut semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *