Manfaat Dan Efek Kafein Untuk kesehatan

300 views

Manfaat Dan Efek Kafein Untuk KesehatanManfaat dan efek kafein untuk kesehatan. Kafein dianggap banyak memiliki efek samping pada tubuh jika dikomsumsi secara berlebihan, tapi juga punya manfaat besar bagi kesehatan. Kafein merupakan zat yang dapat ditemukan pada beberapa jenis tumbuhan seperti kopi atau teh dan itu memiliki zat stimulant yang dapat merangsang sistem saraf pusat. Mengoksumsi kafein akan merasa lebih energik jika sesuai dosis yang dianjurkan.

Mengkomsumsi kafein dengan dosis tertentu mampu meningkatkan daya ingat manusia dan mecegah penyakit saraf. Salah satu sumber kafein adalah kopi, sehingga para peminum kopi cenderung tidak akan menderita penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Manfaat Dan Efek Kafein Untuk Kesehatan

Kandungan antioksidan dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang dihubungkan dengan parkinson. Sedangkan kafein akan menghambat peradanagan di dalam otak, yang kerap dikaitkan dengan Alzheimer. Kafein juga bisa menambah stamina untuk berolahraga dan juga meredakan nyeri otot, misalnya setelah berlati, atlet bisa minum untuk menghilangkan tegang pada otot.

Kafein juga baik untuk para perokok, karena kafein mampu mengeluarkan zat racun dalam paru-paru, sehingga kafein mampu mengeluarkan zat racun dalam paru-paru, sehingga kafein juga disebut detoks tubuh. Berhenti Merokok Ternyata Banyak Manfaatnya

Baca juga : Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Tetapi, jumlah yang boleh dikomsumsi sekitar 3 cangkir kopi per harinya atau sekitar 300 mg. Pada takaran tersebut, kafein masih aman bagi tubuh. Mengkomsumsi kafein yang berlebih dapat menimbulkan beberapa efek samping pada kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa efek samping kafein bagi kesahatan tubuh jika dikomsumsi secara berlebihan.

  • Memicu sakit kepala
  • Menimbulkan persaan was-was dan cemas
  • Meyebabkan ganguan tidur
  • Meyebabkan kecanduan kafein
  • Mengakibatkan masalah pada pencernaan
  • Meningkatkan tekanan darah
  • Meyebabkan osteoporosis
  • meyebabkan sulit hamil
  • meningkatkan resiko stroke
  • Meyebabkan peyakit rematik
  • Merusak pembulu darah dan masih banyak lagi

Tersbut diatas adalah beberapa efek samping bagi kesehatan tubuh, lalu apa manfaat kafein untuk tubuh? Berikut ini manfaat kafein untuk tubuh.

  1. Kafein bisa meningkatkan gairah seks perempuan. Menurut ilmuan, pada manusia kopi dapat meningkatkan pengalaman seksual namun hanaya pada mereka yang tidak maniak kopi.
  2. Kafein bisa mengurangi rasa sakit. Dosis sedang kopi, setara dengan 2 cangkir kopi, mampu meredakan rasa  sakit pada otot setelah berolahraga.
  3. Dapat meningkatkan daya ingat manusia.

Nah, itu beberapa manfaat dan efek kafein untuk kesehatan tubuh, sumber : image cwacwa.com.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *