Manfaat Dan Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

210 views

Sirsak, tanaman yang satu ini memiliki daging buah yang tebal, berwarna putih, biji hitam, dan bayak memiliki kandungan gizi diantaranya vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2 yang cukup banyak. Tanaman ini di berbagai wilayah Indonesia memiliki beberapa nama seperti nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelen (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lona (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (Lampung).

manfaat dan khasiat daun sirsak

Kandunga Gizi Daun Sirsak

Selain buahnya dapat dikonsumsi, daun sirsak juga banyak mengandung manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan gizi yang terdapat didalam daun sirsak cukup banyak yang diantaranya :

  • Lactones : Annohexocina, Annomuricina A, B, C, dan E, Annomutacina, Annopentocinas, A, B, dan C, Muricoreacina, Gigantetronemina, Murihexocina A dan C, dan Javoricina.
  • Isoquinoline : Anonaine, Anoniine, Atherospermine, dan Coreximine.
  • Lipid : Asam Gentesic, Asam Lignoceric, CLA, dan Asam Stearat.

 Manfaat Dan Khasiat Daun Sirsak Untuk Kecantikan

Khasiat untuk kecantikan, daun sirsak dapat melancarkan sistem pecernaan dan juga dapat mengeluarkan zat-zat yang kurang baik. Sehinga jika saluran pencernaan bersih, maka tubuh tidak akan menimbun lemak yang berlebih dan pada akhirnya membuat penampilan lebih langsing dan ramping. Cara mengunakannya, ambil 10 lembar daun sirsak kemudian rembus dengan 3 gelas air, rebus sampai airnya tingal 1 gelas dan minum air rebusan tersebut 2 kali satu hari.

Manfaat Dan Khasiat Daun Sirsak Untuk Kulit

  • Mengobati Bisul. Daun sirsak yang sudah dihaluskan dan ditempelkan pada kulit yang tekena bisul teryata efektif untuk meyembuhkan bisul secara alamiah.
  • Mengobati Komedo. Daun sirsak yang telah dihaluskan jika dioleskan pada kulit dapat berguna mencegah terjadinya komedo dan masalah kulit lainnya.
  • Meghilangkan Kutu Rambut. Sekarang mungkin sudah jarang orang yang mempunyai kutu rambut tidak seperti disaat era 80-an, karena sudah banyak orang yang mengunakan sampo. Namun teryata daun sirsak juga efektif untuk membasmi kutu rambut karena daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan parasit yang tumbuh dikulit kepala yang dapat meyebabkan ganguan pada rambut seperti kutu dan ketombe. Cara pengunaanya cukup mudah, rebus beberapa daun sirsak yang sudah tua, lalu air rebusannya digunakan untuk keramas secara rutin.

 Manfaat Dan Khasiat Daun  Sirsak Untuk Pengobatan

  • Penyakit Kanker.  Seyawa kima yang terkandung dalam daun sirsak di claim dapat membunuh sel kanker usus besar serta 10.000 kali lebih berpotensi sebagi obat kemoterapi. Daun Sirsak Untuk Obat Kanker.
  • Pengobatan Asam Urat. Mengkonsumsi daun sirsak dapat dapat mebantu dalam mengobati asam  urat yang Anda Derita. Bahkan bayak obat-obatan alternatif yang mengunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat. Cara pengunaan daun sirsak untuk asam urat, rebus 6 sampai 10 daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau yang telah dibersihkan. Rebus mengunakan 2 gelas air dan didihkan sampai air rebusan tinggal satu gelas. Ramuan ini harus diminum dua kali sehari yaitu pagi dan sore.
  • Melawan Bakteri, Virus, Parasit, dan Mencegah Perkembangan Tumor. Daun sirsak sangat efektif menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit, dan perkembangan tumor.
  • Mengatasi Rematik. Peyakit rematik biyasanya dialami pada orang tua, meyebabkan rasa sakit yang hebat. Daun sirsak adalah obat nerbal alami untuk mengatasi rematik. Caranya haluskan daun sirsak dan oleskan pada area rubuh yang terserang penyakit arthritis dan eksim serta rematik secara teratur dua kali sehari. Diamkan beberapa menit sampai daun agak kering.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan sangat banyak sekali dan khasiat yang fenomenal adalah untuk melawan penyakit kanker. Sebelum mengunakan untuk pengobatan dalam sebaiknya konsultasi dengan alhi herbal ditempat Anda. Itulah beberapa manfaat daun sirsak baik untuk kecantikan dan pengobatan.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *