Manfaat Daun Pandan Wangi Bagi Kesehatan

273 views

Manfaat daun pandan wangi – TaManfaat Daun Pandan Wanginaman pandan wangi banyak dijumpai dipekarangan rumah terumata tempat yang lembab. Selain fungsinya untuk zat pewarna alami yang digunakan untuk bahan makanan, namun juga dapat diolah untuk ramuan obat herbal yang dapat meyembuhkan bebarapa peyakit.

Sebuah penelitian yang baru-baru saja ditemukan teryata daun pandan wangi memiliki beberapa kandungan seyawa. Beberapa kandungan tersebut diantaranya seyawa alkaloida, saponin flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna. Berikut ini beberapa manfaat daun pandan wangi.

Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Kesehatan
  • Mengobati Rematik

Rematik adalah peyakit umum yang diderita oleh orang tua. Nah, orang-orang dulu saat terserang rematik mengunakan pandan wangi untuk mengatasinya.

Caranya, ambil 3 lembar daun segar, cuci bersih kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Seduh dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dididihkan sambil diaduk-aduk hinga merata. Setelah dingin gunakan sebagai obat gosok untuk mengurut daerah sakit.

  • Mengobati Pegal Linu

Pekerja keras biyasanya sering mengalami pegal linu. Namun, jika didekat rumah Anda terdapat Tanaman pandan wangi, bisa digunakan untuk mengobati pegal linu.

Caranya, Sediakan 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar daun serai. Cuci bersih kemudian ditumbuk hinga halus. Tambahkan satu sendok minyak kayu putih dan miyak gandapura kemudian aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk mengosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

  • Mengobati Lemah Saraf

Ambil tiga lembar daun pandan wangi, cuci bersih kemudian potong-potong, rebus dengan tiga gelas air hinga tinggal 2 gelas saja. Setelah dingin minum ramuan tersebut 2 kali seharisetiap pagi dan sore secara rutin, masing-masing satu gelas setiap kali minum.

  • Mengatasi Gelisah

 Seringkali seseorang terkena masalah emosional sehinga merasa gelisah, biyasanya saat malam hari. JIka Anda mengalami hal ini, ambil dua lembar daun pandan wangi lalu cuci bersih dan iris tipis. Seduh dengan segelas air mendidih. Setelah dingin, saring airnya dan langsung diminum sekaligus. Lakukan 2 atau 3 kali sehari sampai merasa tenang.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Untuk Anda yang menderita hipertensi alias tekanan darah tinggi, daun panan wangi bisa digunakan untuk mengatasinya. Caranya, ambil beberapa daun pandan wangi kemudian direbus dengan 3 gelas air hinga tersisah 2 gelas air. Saring airnya lalu minum air rebusan tersebut dua kali sehari pagi dan sore secara teratur.

  • Menambah Nafsu Makan

Ambil dua lembar daun pandan, Cuci bersih dan potong kecil-kecil, rebus dengan 3  gelas air hinga tersisah setengahnya. Saring dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

  • Mengatasi Lemah Syawat

Selain digunakan untuk obat lemah saraf, pamdan wangi juga berkhasiat untuk mengobati lemah syahwat pada pria. Caranya, ambil 3 lembar daun pandan wangi, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 4 gelas air hinga tersisah 2 gelas air. Minum rebusan daun pandan wangi tersebut 2 kali sehari yaitu pagi dan sore secara rutin.

Nah, itu beberapa Daun Pandan Wangi Untuk Kesehatan. Baca juga Khasiat Dan Manfaat Bunga Alamanda semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *