Manfaat Kacang Panjang Serta Kandungan Mineralnya

241 views

Manfaat Kacang Panjang Serta Kandungan MineralnyaManfaat kacang panjang, sayuran ini cukup mudah untuk di dapatkan. Selain mudah untuk di dapatkan harganya juga cukup relatif murah. Jika sudah di olah menjadi makanan rasanya dapat mengoda selera makan anda bertambah. Berbagai olahan kas nusantara juga banyak di temui yang mengunakan kacang panjang untuk melengkapi kuliner.

Ciri-ciri tumbuhan kacang panjang yaitu tumbuhnya merambat dengan daun berwarna hijau. Daun kacang panjang yang masih muda biayasanya di manfaatkan untuk menjadi sayur. Rasa dari daun kacang panjang (lembayung) juga tidak kalah enaknya.

Tanaman ini tumbuh di atas permukaan laut dengan ketinggin 1000 meter dari permukaan laut. Tanaman dengan nama latin Vigna unguiculata sesquipedalis, cukup mudah untuk di budidayakan. Dan musim untuk menanam kacang panjang di awal musim kemarau. Para petani biayasnya akan menanam jenis sayuran ini karena selain mudah perawatannya dan relatif murah untuk membudidayakannya.

Selain itu masyarakat juga sangat meyukai jenis sayuran ini karena mudah untuk di jadikan sayur dan memiliki rasa yang enak. Selain itu manfaat kacang panjang dan kandungan mineral yang terdapat dalam sayuran ini tidak kalah dengan sayuran lain seperti Kembang Kol. Berikut ini kandungan gizi dan manfaat kacang panjang yang perlu anda ketahui.

Kandungan Mineral dan Manfaat kacang Panjang
  • Kalsium

Tiap 100 gr kacang panjang rebus mengandung 42 mg kalsium (4% kebutuhan). Kalsium adalah mineral penting untuk pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat, juga untuk fungsi saraf dan otot yang optimal.

  • Terdapat Zat Besi

Tiap 100 gr kacang panjang rebus mengandung 2,6 mg zat besi (15% kebutuhan). Apa itu zat besi? Zat besi adalah komponen penting bagi pembentukan enzim untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh, serta pemebentukan komponen utama dari sel darah merah dan sel-sel otot.

  • Terdapat Magnesium

Tiap 100 gr kacang panjang rebus mengandung 98 mg magnesium (25% kebutuhan). Mineral ini sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi, fungsi saraf dan otot, serta aktivitas enzim dalam tubuh.

  • Mangan

Tiap 100 gr kancang panjang rebus terdapat 0,5 mg mangan ( 24% kebutuhan). Mangan sangat penting bagi aktivitas enzim, serta untuk metabolisme karbonhidrat dan  kesehatan sendi.

  • Fosfor

Setiap 100 gr kacang panjang rebus terdapat 181 mg fosfor ( 18% kebutuhan). Mineral ini penting untuk produksi energi serta pembentukan tulang dan gigi.

  • Tembaga

Tipa 100 gr kacang panjang rebus terdapat 0,2 mg tembaga (11% kebutuhan). Tembaga penting untuk kesehatan kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres dan penyakit.

  • Terdapat Kalium

Tiap 100 gr kacang panjang rebus mengandung 315 mg potassium (9% kebutuhan). Kalium penting untuk fungsi saraf dan otot.

Selain itu kandungan nilai gizi yang terdapat dalam kacang panjang, juga terdapat Vitamin K, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, Serat, Asam Float, dll. Begitu banyak nilai gizi yang terdapat pada sayuran hijau ini, selain manfaat yang terdapat diatas berdasarkan kandungan mineral kacang panjang juga baik untuk penderita diabetes, sebagaimana kita tau bahwa jenis kacang-kacangan dapat mengontrol kadar gula darah yang dapat mencegah diabetes. Dari berbagai sumber.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *