Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan

259 views

Manfaat Kacang TanahManfaat kacang tanah bagi kesehatan. Kacang tanah dapat diolah menjadi makanan yang enak, selain itu makanan yang terbuat dari kacang tanah juga sering kita temui. Kacang tanah dapat di jadikan atau di olah menjadi makan yang memiliki rasa enak sepeti di buat kacang goreng telur, kacang rebus dan dapat juga di buat menjadi sambal untuk gado-gado.

Cukup mudah untuk mendapatkan kacang tanah, Anda bisa mendapatkannya di pasar atau di kios-kios sembako. Kacang tanah banyak memiliki manfaat selain untuk di jadikan makanan kacang tanah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Di Indonesia kacang tanah adalah salah satu pangan yang banyak di budidayakan setelah padi, kedelai dan jagung. Tanaman ini juga cukup mudah untuk diaplikasikan dengan tanaman lain seperti tanaman palawija atau juga bisa juga di sembut tumpang sari.

Manfaat kacang tanah cukup banyak, ini karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya cukup penting untuk tubuh. Jenis kacang-kacangan yang memiliki nilai gizi baik adalah kacang tanah. Kacang tanah memiliki nutrisi seperti kalori, lemak, protein, karbohidrat, serat serta lemak jenuh.

Manfaat Kacang Tanah

Nutris yang terdapat di dalamnya mendukung untuk menjaga kesehatan tubuh. Memakan kacang tanah dapat menjaga atau terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Lalu seperti apa manfaat kacang tanah, berikut ini ulasannya.

  • Meningkatkan Kesuburan

Kacang banyak mengandung asam folat. Wanita yang memiliki asupan harian 400 mikrogram asam folat sebelum dan selama awal kehamilan mengurangi risiko memiliki bayi lahir dengan cacat tabung saraf yang serius hingga 70%.

  • Mengatur Gula Darah

Seper-empat cangkir kacang tanah dapat memasok tubuh dengan 35% dari nilai yang dibutuhkan sehari-hari mangan, mineral yang berperan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, peyerapan kalsium, dan regulasi gula darah.

  • Mencegah Batu Empedu

Penelitian yang berlangsung selama 20 tahun telah menujukan bahwa mengkonsumsi 1 ons kacang tanah atau selai kacang sekali seminggu dapat menurunkan risiko batu empedu berkembang sebesar 25%.

  • Membantu Mengatasi Depresi

Kacang tanah merupakan sumber yang baik triptofan, suatu asam amino esensial yang penting untuk produksi serotonin. Serotonin adalah salah satu bahan kimia otak yang terlibat dalam regulasi suasana hati.

Ketika depresi terjadi, penurunan jumlah serotonin dapat dilepaskan dari sel-sel saraf otak. Triptofan dapat meningkatkan efek antidepresi serotonin itu bila ada peningkatan jumlah serotonin dalam darah.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Sejumlah penelitian telah menujukan bahwa menkonsumsi kacang-kacangan secara teratur terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Konsumilah segengam kacang tanah dan kacang lainnya setidaknya 4 kali dalam seminggu untuk mengurangi risiko terkena kardiovaskular dan penyakit jantung koroner. Dari berbagai sumber.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *