Manfaat Labu Kuning Bagi Kesehatan

269 views

Manfaat Labu KuningManfaat labu kuning – Labu kuning atau yang sering di sebut juga waluh memiliki rasa yang lezat selain itu terdapat banyak manfaat. Olahan labu kuning di buat roti, getuk, untuk campuran es buah atau di buat kolak dan akan semakin nikmat jika di santap bareng keluarga. Labu kuning mudah di temukana karena banyak di budidayakan. Selain Daginnya yang enak, teryata bijinya banyak di sukai, selain itu biji labu kuning banyak terdapat manfaat kesehatan.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam labu kuning cukup lengkap, sehingga buah ini juga di manfaatkan untuk mengontrol kada gula darah bapi orang dewasa yang rentah terkena diabetes. Berikut di bawah ulasan mengenai kandungan nutrisi yang terdapat labu kuning.

Kandungan Nutrisi labu kuning
  1. Vitamin A dan Beta Karoten
  2. Vitamin C
  3. Zat Besi
  4. Kalium
  5. Serat

Kandungan gizi yang terdapat di labu kuning bermanfaat untuk kesehatan berdasarkan fungi dari masing-masing seyawa tersebut. Seperti apa manfaat labu kuning, berikut ini ulasannya.

Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan
  • Sistem Imun Tubuh

Vitamin C yang terdap dalam labu kuning dapat menjaga kekebalan tubuh. Salah satu jenis vitamin yang larut dalam air adalah Vitamin C, ini sangat di perlukan untuk kelancaran proses metabolisme tubuh. Vitamin C juga memiliki sifat menjaga kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan.

  • Untuk Kesehatan Mata

Beta karoten adalah pigmen warna kuning orange yang, jika dicerna di dalam tubuh akan berubah Vitamin A. Fungsi Vitamin A dan beta karoten dapat menjaga keshatan mata dan kulit.

  • Mencegah Kanker

Beta karoten yang terdapat di dalam labu kuning sangat baik untuk mengurangi terjadinya kanker. Selain itu zat ini mempunyai fungsi sebagai antioksidan. Sehingga mengkonsumsi labu kuning dapat mengurangi resiko terkena kanker dan penyakit jantung.

  • Baik di Pencernaan

Labu kuning kaya akan serat, kandungan seratnya yang tinggi sangat membantu untuk proses pencernaan. Jika anda terkena sembelit anda bisa menmanfaatkan labu kuning untuk mengobati sembelit.

  • Pembentukan Darah

Salah satu kandungan dalam labu kuning adalah zat besi. Meskipun zat besi yang terdapat di lbu kuning tidak terlalu tinggi (0,8 mg).  Meskipun jumlahnya sedikit, Akan tetapi zat besi diperlukan dalam pembentukan darah, khususnya hemoglobin (HB).

Selain manfaat labu kuning yang di dapat dari danginnya, biji labu kuning juga tidak kalah bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat yang di dapat dari biji labu kuning.

  1. Biji labu kuning mengandung asam amino tertentu yang meningkatkan kadar hormon serotonin. Hormon tersebut dapat membuat tidur lebih nyeyak.
  2. Mineral magnesium yang terdapat di biji labu dapat meyehatkan jantung
  3. Biji labu kuning juga mnegandung protein yang baik untuk mengontol gula darah dan dapat menurunkan berat badan.
  4. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam biji labu kuning mampu untuk mengurangi kanker prostat
  5. Biji labu kuning kaya mineral seng, ini sangat baik bagi kaum pria untuk menjaga organ intim pria.
  6. Biji labu berfungsi meyeimbangkan kadar keasaman dalam tubuh.

Makanan sehat tidak harus mahal, di sekita kita juga banyak di jumpai makanan sehat salah satunya labu kuning. Dengan mengkonsumsi labu kuning kita telah menjaga kesehatan tubuh dan ini dapat menghindarkan dari berbagai penyakit seperti diabetes.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *