Manfaat Petai Terhadap Kesehatan

231 views

Manfaat Petai Terhadap KesehatanManfaat petai terhadap kesehatan – Petai yang memiliki rasa khas dan tidak semua orang meyukai makanan ini teryata juga banyak manfaatnya. Baunya yang sangat meyengat membuat sebagian orang tidak suka untuk mengonsumsi petai. Setelah mengkonssusi bauh petai sampai ke air seni, juga memiliki bau yang membuat se isi kamar mandi bau tak sedap(Pesing).

Buah petai yang memiliki nama latin parkia speciosa, pohonya dapat tumbuh mencapai 20 meter dengan daun berbentuk kecil-kecil. Pohon petai berbuah musiman yaitu tersedia banyak pada bulan Desember-Januari. Harga buah petai cukup tergolong mahal, yang biasa orang menjualnya per 1 batang(keris) ada juga yang menjual per ikat, yang satu ikatnya terdapat beberapa keris.

Untuk mengkonsumsi buah ini, biasanya seseorang mengkonsumsi dengan di makan mentah di jadikan lalapan.  Juga ada yang terlebih dahulu di rebus atau di goreng untuk menghilangkan rasanya yang khas. Petai juga bisa di campur di nasi goreng atau di buat sambal petai.

Tapi jangan salah, petai yang memiliki bau tidak sedap setelah memakannya teryata memiliki beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan. Kandunga yang terdapat di petai seperti tinggi kalium, zat besi, sukrosa, fruktosa, glukosa, serat makanan, asam amino, dll.

Apa saja manfaat mengkonsumsi petai, berikut ini beberapa manfaat petai terhadap kesehatan yang anda dapatkan.

Manfaat Petai Terhadap Kesehatan
  • Menghentikan Kebiasaan Merokok

Jika anda salah satu orang yang biasa merokok atau perokok berat, petai juga dapat membantu untuk menghentikan merokok hal ini karena petai mengandung Vitamin B6, B12, kandungan megnesium dan kandungan kalium dapat mengurangi kebiasaan merokok anda serta dapat mengurai nikotin yang telah ada di dalam tubuh akibat kebiasaan merokok

  • Tekanan Darah Tinggi dan Stroke

Buah petai sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat baik untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi mengenai kemapuan buah ini untuk menurunkan rissiko tekanan darah dan stroke.

  • Luka Lambung

Buah petai mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

  • Stres

Kalium adalah mineral penting yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stres, kecepatan metabolisme kita akan meningkat, sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan dengan petai yang tinggi kalium.

  • Mengatasi Anemia

Selain itu mengkomsumsi buah petai sesuai porsi juga memliki manfaat untuk anemia. Dengan kandungan zat besi yang tinggi, petai dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

Baca juga: Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Nah, itu beberapa manfaat petai terhadap kesehatan, akan tetapi buah petai juga dapat untuk menurunkan berat badan, dapa menhilangkan gatal karena gigitan nyamuk, dapat juga untuk mengatur suhu tubuh dan dapat juga untuk mengatasi mabuk. Dengan mengkonsumsi petai sesuai menu yang di ajurkan meperoleh banyak manfaat kesehatan.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *