Manfaat Puasa Selain Untuk Ibadah

241 views

Puasa selain untuk beribadah juga banyak memiliki manfaat. Bagi umat islam pada bulan Ramadhan diharuskan untuk mejalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh sesuai dengan syariat Islam. Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui manfaat puasa.

manfaat puasaBerbagai penelitian telah membuktikan manfaat dari puasa ditinjau dari medis modern. Dalam penelitian tidak ditemukan efek merugikan dari puasa Ramadhan pada jantung, paru, ginjal, mata, profil endokrin, hematologi dan fungsi neuropsikiatri. Lalu apa saja manfaat dari puasa untuk kesehatan?.  berikut ini ulasan mengenai manfaat puasa terhadap kesehatan Kita, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Puasa

  • Meningkatkan kemapuan otak, puasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, yang pada akhirnya meningkatkan fungsi otak.
  • Membantu kesehatan jantung dan pembulu darah. ketika berpuasa tubuh melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang baik untuk kesehatan jantung dan pembulu darah.
  • Selama puasa Ramadhan teryata terjadi penurunan berat badan dan perubahan komposisi tubuh, kecuali massa protein tubuh.
  • Memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerja sel. Saat puasa terjadi perubahan dan konversi yang masif dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan, sebelum didistribusikan dalam tubuh terjadi format ulang. Sehingga, memeberikan kesempatan tunas baru sel untuk memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerjannya.
  • Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam penelitian menujukan saat puasa terjadi peningkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. kendati keseluruhan sel darah putih tidak berubah teryata sel T mengalami kenaikan pesat. Pada penelitian baru menujukan bahwa terjadi penurunan kadar apo-betta, menaikan kadar apo-alfa1 dibandingkan sebelum puasa. sehingga dapat menjauhkan peyakit jantung dan pembuluh darah.
  • Bermanfaat dalam pembentukan sperma. Dalam penelitian, dilakukan penelitian pada hormon testoteron, prolaktin, lemotin, dan hormon stimulating folikel, kesimpulan dari penelitian tersebut manfaat puasa dapat meningkatkan pembentukan sprema melalui perubahan hormon hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh kedua testis.
  • Mengeluarkan racun dalam tubuh. Selama berpuasa, Anda dapat mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam sistem pecernaan dalam satu bulan.
  • Dapat berfikir lebih tajam dan lebih kreatif. Puasa dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan melambat. Menurut sebuah penelitian pikiran yang melambat dapat membuatnya bekerja lebih tajam.
  • Mengurangi kebiyasaan buruk. Berpuasa adalah salah satu cara yang tepat untuk mengubah gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan buruk. Selama bulan puasa dapat menghetikan kebiyasaan merokok dan menghentikan kebiyasaan buruk lainnya.

Berbagai kajian ilmiah melalui penelitian medis telah menujukkan bahwa ternyata puasa sebulan penuh bermanfaat sangat luar biasa bagi tubuh manusia. Itulah beberapa manfaat puasa untuk kesehatan tubuh.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *