Manfaat Timun Yang Perlu Anda Ketahui

208 views

Manfaat timun, popularitas timun dalam dunia kuliner sudah tidak diragukan lagi. Timun dapat ditemukan dalam berbagai macam hidangan. Tapi, masih ada beberapa orang yang meragukan khasiat timun karena mengangap tidak memiliki nilai gizi dan hanya memiliki kandungan air semata.

Manfaat TimunImage semuabisamasak.com

Kandungan gizi yang terdapat di timun cukup banyak, sehinga timun sangat baik untuk dimakan dan memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan gizi yang terdapat di timun diantaranya:

  1. Vitamin C
  2. Mengandung 95% air
  3. Terdapat asam float atau B9
  4. Vitamin A
  5. Vitamin E
  6. Mineral
  7. Silika
  8. Kaya akan serat
  9. Dan lain-lain.

Tips Seputar Timun

  • Pilih timun yang tidak lunak, memiliki warna hijau cerah atau hijau gelap. Jangan memilih timun yang memiliki warna kuning, lembek, kulitnya keriput,  dan terdapat lapisan lilin. Sebaiknya pilih mentimun organik.
  • Agar timun tidak pahit setelah dikupas, potong kedua ujung timun  kemudian gosok ujung timun samapi keluar getah berwarna putih. kemudian cuci dengan air yang mengalir.
  • Timun sangat sensitif terhadap suhu panas, jangan menyimpan timun pada suhu kamar atau terkena langsung paparan sinar matahari karena akan mengakibatkan timun mudah layu.
  • Jika terdapat sisa timun yang sudah dikupas dan dipotong-potong, kemas dalam kantong plastik pembungkus. Lalu simpan dalam wadah kedap agar timun tetap terjaga kesegaranya.

Manfaat Kulit dan Biji Timun

Kulit dan biji timun sebaiknya tidak dibuang karena bermanfaat. Kulit timun kaya serat, vitamin A, mineral silika, kalium dan magnesium. Mineral silika menjaga kesehatan jaringan penghubung yang meliputi otot, sendi, dan tulang. kulit timun juga terdapat asam float atau vitamin B9 yang memiliki khasiat untuk mencegah cacat pada bayi saat dilahirkan. Karena itu mengkomsumsi timun berikut kulitnya sangat baik untuk ibu yang sedang hamil.

Baca juga: Manfaat Madu Buat Perawatan Kulit

Manfaat timun, akan tetapi hati-hati dengan timun yang terdapat lapisi lilin dikulitnya. Sebaiknya dicuci dengan air yang mengalir untuk menghilangkan lapisan lilin yang terdapat pada kulit timun. Kalau Anda ingin makan timun dengan kulitnya sebaiknya pilih yang organik. Biji timun mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk menghambat proses penuaan dini dan menghilangkan keriput pada kulit. Biji timun juga terdapat kandungan alkaloid hypoxanthine yang berkhasiat untuk mengobati cacingan pada anak-anak.

Manfaat Timun Yang Lainnya

  • Timun sebagai detoktasi

Timun banyak mengandung kadar air, hampir 95 persen. Banyaknya kandungan air dalam timun, sangat bagus untuk mempermudah kencing, dan juga memiliki manfaat untuk membantu menetralkan racun. Selain itu, juga dapat membantu melunturkan bakteri-bakteri  yang terdapat disepanjang usus serta dinding kandungung kemih.

  • Bermanfaat untuk obat hipertensi

Untuk obat hipertensi caranya, siapkan 2 buah timun, lalu dicuci dan parut. Selanjutnya parutan timun tersebut diperas. Air perasan timun tersebut untuk diminum secara teratur 2 sampai 3 kali sehari.

  • Untuk mengobati diare pada anak

Manfaat timun juga dapat untuk mengobati diare pada anak. Caranya, siapkan satu buah timun kemudian cuci dan rebus, lalu haluskan. Proses selanjutnya saring dan ambil airnya beri hasil saringan air tersebut dengan sedikit madu. Minumkan air tersebut hingga diare anak mampet.

  • Sebagai penangkal kanker

Manfaat timun juga sebagai penangkal penyakit kanker yang sangat baik, karena timun terdapat liginin yang berfungsi untuk mencegah dari penyakit kanker diantaranya kaknker payudara, kanker prostat, kanker rahim, dan kanker ovarium.

Selain itu timun juga bermanfaat untuk:

  1. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  2. Untuk obat diabetes alami
  3. Mencegah bau mulut
  4. Untuk Menjaga otak
  5. Timun bermanfaat untuk menjaga berat badan agar ideal
  6. Menyembuhkan gejala asam urat dan rematik
  7. Menjaga sistem pencernaan.

Nah, itu manfaat timun untuk menjaga kesahatan tubuh kita. Jika artike ini bermanfaat silahkan di share.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *