Manfaat Tomat Untuk Kulit Wajah & Rambut

234 views

Manfaat Tomat Untuk Kulit Wajah & RambutManfaat tomat – Anda tentu tak asing lagi dengan tomat, buah yang memiliki warna merah dan cantik ini kandungan Iycopene cukup banyak. Iycopene berfungsi sebagai antioksidan. Tomat memiliki rasa yang asam segar dengan kandungan air yang terdapat dalam tomat cukup banyak.

Selain kandungan iycopene yang terdapat di dalam tomat, masih banyak lagi kandungan gizi, seyawa dan vitamin yang pastinya baik untuk kesehatan. Diantaranya kandungan yang terdapat di dalam tomat meliputi Air, Protein, Karbonhidrat, Serat, Gula, Kaslsium, Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, sodium, Seng, Lemak, Vitamin C, Niacin, Vitamin B, Vitamin A, Vitamin D, dll.

Tomat dengan kandungan gizi yang di milikinya sedemikian lengkapnya, tidak di pungkiri lagi tomat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Penelitian yang di lakukan oleh ahli kanker, menemukan bahwa tomat dapat mengurangi terjadinya kanker. Selain itu kandungan potasium yang terdapat di tomat dapat meyehatkan jantung.

Selain itu tomat juga banyak di gunakan untuk perawatan kulit, terutamanya untuk kecantikan kulit wajah. Apa saja yang di dapat dari tomat untuk kulit wajah, berikut ini ulasannya serta cara perawatannya.

Manfaat Tomat Untuk kulit Wajah
  • Membersihkan Kulit

Untuk membersihkan kulit wajah caranya, hancurkan 1 tomat dan 1 buah apukat dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 15-20 menit. Tomat bisa membantu memberikan dan mengembalikan kelebaban kulit. Setelah itu, bersihkan dengan mengunkan air hangat. Karena tomat mengandung zat asam, sebaiknya coba dulu pada sebagian kecil kulit dan lihat reasksinya. Jika terasa terbakar jangan gunakan.

  • Mengecilkan Pori-Pori

Cara untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah dengan tomat yaitu, sediakan 1 sendok makan jus tomat segar, kemudian tambahkan 2 sampai 4 tetes air jeruk nipis. Oleskan capuran jus tomat dan air jeruk tersebut ke muka. Kemudian, pijat wajah. Tunggu beberapa saat, kurang lebih 15 menit selanjutkan bersihkan wajah anda. Untuk hasil yang maksimal anda harus melakukan secara rutin.

  • Mengatasi Jerawat

Manfaat tomat juga bisa digunakan untuk membuat ramuan alami yang dapat mengatasi jerawat. Keasaman pada buah tomat dapat membantu mengurangi dan membersihkan jerawat dari kulit wajah Anda.

Caranya, cukup menempelkan potongan tomat segar pada wajah. Diamkan selama kurang lebih 1 jam, selanjutnya bilas dengan air bersih. untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

  • Mengatasi Kulit berminyak

Jika kulit wajah anda salah satunya yang mengalami kelebihan produksi miyak pada wajah, tomat sangat baik untuk mengatasinya. Caranya, haluskan 1 buah tomat segar kemudian saring. Tambahkan sedikit jus mentimun ke dalam sari tomat dan oleskan pada seluruh permukaan wajah. Biarkan selama 20-30 menit, kemudian bilas. Lakukan hal ini secara teratur untuk hasil masksimal.

  •  Meyembuhkan Kulit Terbakar

Berada di bawah sinar matahari terlalu lama bisa membuat kulit wajah anda terbakar. Untuk mengatasinya dengan campuran tomat dan yogurt. Hancurkan tomat dan campurkan dengan yogurt, selanjutnya oleskan pada kulit yang terbakar.

  • Membuat Kulit Bersinar

Ingin mempunyai kulit yang bersinar dalam waktu 15 menit. Caranya, sediakan jus tomat kemudian campurkan dengan madu hingga agak kental. Ramuan ini untuk masker wajah, kemudian diamkan sesaat sebelum di bilas hingga bersih.

Selain untuk kecantikan wajah anda, manfaat tomat dapat di gunakan untuk merawat kesehatan rambut agar penampilan anda semakin menawan. Dengan memakan tomat secara teratur teryata sangat baik untuk memperkuat akar rambut, menjadikan rambut tampak bersinar dan berkilau serta lebih tebal.

Manfaat tomat untuk masker rabut yaitu dapat menghilangkan bahan kimia, menghilankan bau pada rambut serta dapat menghilangkan ketombe.

Cara membuat masker tomat untuk rambut:
  1. Ambil 1 atau 2 tomat segar
  2. Kemudian haluskan tomat tersebut
  3. Untuk mengunakan masker tomat, oleskan masker tomat tersebut dari kulit kepala hingga unjung rambut
  4. Diamkan selama 30 menit
  5. Kemudian bilas rambut hingga bersih.

Nah, itu manfaat tomat untuk perawatan kulit wajah dan kesehatan rambut, selamat mencoba. Dari berbagai sumber.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *