Menjelajahi Tempat Wisata Di Sorong Papua Barat

258 views

Salah satu ikon pariwisata di Indonesia timur adalah Raja Ampat. Untuk bisa traveling ke Raja Ampat membutuhkan biaya akomodasi yang terbilang tidak murah, tapi tenang saja di Kota Sorong juga tidak kalah menariknya untuk liburan murah jika Anda tida memiliki budget lebih.

Apa hubungannya Kota Sorong dengan Raja Ampat? Untuk bisa ke Raja Ampat jalan alternatif adalah dengan melewati Kota Sorong. Pesawat yang Anda tumpangi akan mendarat di Bandara Udara Domine Eduard Osok. Nah jika Anda sudah berada di Kota Sorong Perjalanan ke Raja Ampat sudah semakin dekat.

Untuk melanjutkan perjalanan ke Raja Ampat senjutnya dari Pelabuhan Rakyat Ke Kota Waisai yang merupakan Ibu Kota Dari Raja Ampat. Tapi mengingat untuk liburan ke Raja Ampat cukup membutuhkan Akomodasi yang banyak harus berpikir eksta. Peyedia travel untuk ke Raja Ampat dari kota Sorong biayanya juga cukup terbilang mahal.

Tapi bagi Anda yang sedang berada di Kota Sorong jangan mati gaya karena tempat wisata di Sorong juga tidak kalah menariknya. Kesempatan bagi saya untuk berbagi ke indahan tempat wisata di sorong meskipun belum semua tempat di jelajahi. Ada beberapa tempat yang Anda bisa di kunjungi untuk menhilangkan kejenuhan saat di Kota Sorong.

Dimana saja tempatnya, berikut ini ulasan tempat-tempat indah di Kota Sorong yang Anda bisa kunjungi.

  • Pagoda Sapta Ratna

Bagunan yang di bangun pada tahun 1992 memiliki ke indahan tersendiri. Bagunan tersebut semula di dirikan untuk penyimpanan abu jenazah umat Budha yang meningal dunia. Tempatnya yang berada di ketinggian gunung memiliki keindahan tersendiri. Anda dapat melihat sekeliling Sorong, saat Anda menghadap ke timur akan di manjakan dengan pemandangan birunya pantai di Kota Sorong.

Untuk sampai ke Pogoda Sapta Ratna tidak terlalu jauh dari bandara, hanya beberapa menit saja Anda sudah sampai di bangunan tersebut. Lebih asiknya lagi Anda bisa berkunjung di pagi hari atau sore hari karena suasana-nya yang mengasikan.

Anda bisa memyimpan momen-momen indah saat berada di Pagoda Sapta Ratna dengan mengambil foto sepuanya. Saya sendiri merasakan kenyamanan dan kagum saat berada di tempat tersebut karena dapat menyaskisan sekeliling Kota Sorong dan Birunya laut dari bagunan tersebut.

  • Pulau Doom di Sorong

Pulau Doom letaknya tidak jauh dari pelabuhan rakyat untuk sampai ke pulau tersebut Anda bisa meyewa parahu. Perjalananya bisa Anda tempuh kurang lebih 15 menit. Pulau Doom juga di sebut pulau mutiara, Pulau dum atau Pulau bintang, pulau tersebut adalah kota tua yang berada di Sorong, Papua Barat.

Di Pulau Doom pertama kali Belanda mendirikan pusat pemerintahan dan membangun kantor-kantor. Demi membangun kantor-kantor pemerintahan Belanda membangun infrastruktur seperti listrik. Di saat kota-kota lain di Sekitar Sorong belum mendapat aliran listrik pulau tersebut sudah terlebih dahulu mendapat aliran listrik.

Pulau tersebut dulunya jauh lebih ramai dari Kota Sorong, dulu saat orang Sorong mau belanja orang pergi kepulau tersebut. Pulau yang masih meninggalkan jejak kolonial Belanda bisa menjadi refrensei untuk liburan saat Anda berada di Sorong.

Di Pulau Doom terdapat jejak bagunan-bagunan pemerintahan Belanda yang masih terlihat jelas meskipun kurang terjaga.  Anda bisa berlibur ke Pulau Doom dengan biaya yang relatif murah. Menikmati keindahan yang di sajikan oleh pulau Doom dari atas bukit, dari sana Anda bisa meyaksikan birunya laut dan memandangi Pulau Raam yang memiliki nama lain pulau Buaya.

  •  Pulau Raam/Pulau Buaya

 

Pulau Raam atau orang setempet meyebutnya dengan sebutan Pulau Buaya. Alasan pemberian nama dengan Pulau Buaya, bukan karena banyak buaya akan tetapi jika di lihat dari bukit yang berada di Sorong bentuk pulaunya meyerupai bauaya. Letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Sorong untuk sampai Pulau tersebut Anda harus meyewa perahu bermotor.

Ada banyak peyedia jasa sewa untuk sampai kepulau tersebut yang berada di Rufei. Untuk sampai ke Pulau buaya kurang lebih 30 menit. Saat kami ke pulau tersebut sebenarnya tidak sengaja atau tidak sesuai skedul karena tujuan awal kami hanya sekedar mancing di sekitar pulau tersebut.

Di saat kami mancing-maning dan di rasa waktu sudah siang, hasil pancingan yang cukup memuasakan kami ingin berenang di tengah laut. Akan tetapi salah satu dari teman kita menyarankan untuk mandi-mandi di pulau buaya sekalian menikmati keindahan pasir putihnya.

Keasikan-keasikan yang kami lakukan di Pulau Buaya seperti berenang, foto-foto, dan bakar ikan hasil pancingan serasa membawa kepuasan tersendiri di pulau tersebut. Anda juga bisa melakukan hal serupa dengan teman atau keluarga untuk mengisi waktu libur saat berada di Kota Sorong.

Ada banyak fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk menambah keasikan saat berlibur di Pulau Buaya. Di Pulau Buaya ada sejumlah fasilitas yang dapat di coba oleh para wisatawan seperti banana boat, perahu karet dayung, donut boat, parasailling, painball dan lain-lain.

  • Pulau Matan Di Sorong

Jika Anda masih kurang puas saat berlibur di Sorong tidak ada salahya ada mencoba traveling ke Pulau Matan yang letaknya lebih jauh dari Pulau Buaya. Pulau Matan memiliki luas kurang lebih 5000 meter persegi, terletak 8 mill sebelah barat dari Kota Sorong.

Transport untuk sampai ke Pulau Matan, Anda bisa meyewa perahu bermotor tempel yang dapat di tempuh kurang lebih 1 jam dengan kecepatan 40 pk dari Rufei. Saat kami berlibur kepulau tersebut pas di hari raya Idul Fitri kedua. Ada banyak kegiatan di pulau tersebut seperti berenang, main pasir putih, berjemur di bawah teriknya matahari atau melakukan keseruan lainnya.

Potensi wisata di Pulau Matan cukup besar, banyak wisatawan yang datang saat hari libur untuk bersenang-senang dan memafaatkan waktu libur bersama keluarga. Tetapi sayang tempat wisata tersebut masih kurang di perhatikan untuk menjadi tujuan wisatawan yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di kota sorong.

  • Pantai Tanjung Kasuari

Pantai Tanjung Kasuari adalah salah satu pantai dari sekian pantai yang ada di kota sorong. Pantai tersebut sering di kunjungi oleh warga sorong di saat libur tiba. Letaknya tidak terlalu jauh dari Kota Sorong untuk bisa sampai ke Pantai Tanjung Kasuari mengunakan jalur darat. Anda bisa mngunakan motor atau meyewa mobil untuk tiket masuknya juga terbilang murah dengan uang Rp 10,000. satu orang.

Layaknya pantai-pantai di Indonesia pantai tersebut juga di kelilingi pepohanan yang semakin membuat sejuk serta memiliki pasir putih. Ada banyak keasikan yang Anda bisa lakukan di sana seperti kegiatan yang kami lakukan waktu berlibur ke pantai tersebut.

Kami melakukan kesenangan-kesenagan sperti bernang, main bola, bakar ikan atau hanya sekedar foto-foto sebagai kenangan indah Di Sorong.

  • Pantai Jelfio

Pesoana Pantai Jeflio

Letak Jelfio yang berada di Desa Jelflio, kabupaten Aimas jika di tempuh dari kota sorong kurang lebih 2 jam dengan perjalanan darat. Cukup di sayangkan jalan untuk sampai ke Pantai Jeflio masih cukup sulit karena belum sepenuhnya jalan di aspal.

Apalagi di saat sehabis hujan kondisi jalannya becek berlumpur untuk sampai ke tempat tersebut penuh pejuangan ekstra. Seperti yang kami alami saat berlibur ke Pantai Jelfio. Ban motor penuh dengan lupur dan kondisi jalan yang licin kami harus lebih berhati-hati. Dan saat itu jembatan penghubung ke pantai jeflio masih sedang pembangunan dan sepenuhya belum jadi kami harus melewati jembatan kayu yang panjangnya kurang lebih 50 meter.

Tapi hasil perjuangan untuk sampai ke tempat tersbut cukup memuaskan dengan birunya laut dan ribunya pepohonan yang berada di sekeliling pantai. Warganya yang ramah terhadap kami membawa kesan tersendiri saat tiba di Pantai tersebut.

Di sebrang pantai ada pulau berpasir putih yang bisa Anda kunjungi dengan meyewa perahu bermotor milik warga setempat. Tidak ada banyak kegiatan yang kami lakukan di pantai tersebut karena keterbatasan waktu kami tidak bisa berlama-lama di pantai. Kami hanya mengabadikan beberapa foto untuk kenang-kenangan bahwa kami pernah ke Pantai Jelfio.

  • Taman Wisata Alam Sorong

Taman wisata Alam Sorong terletak di Km 14 Jl. raya antara Sorong-Aimas dan untuk sampai ke taman tersebut kurang lebih 20 menit dari pusat Kota Sorong. Kawasan konservasi yang memiliki luas kurang lebih 945,9 hektar selain fungsinya untuk tempat wisata, taman ini juga dimanfaatkan untuk penelitian tanaman dan pengamat burung.

Tempat tersebut meyajikan udara yang sejuk ini pas banget untuk untuk mengilangkan hirup pikuk dan suasana bising saat berada di kota. Pohon-pohon besar dan tinggi semakin membawa suasan alam yang yang yaman di sertai dengan kicauan burung semakin membuat ketenangan batin.

Di Taman Wisata Alam Sorong selain untuk menghilangkan penat atau hanya untuk sekedar berlibur Anda juga bisa mengamati berbagi burung karena di tempat ini terdapat spot-spot pengamatan burung. Puluhan jenis burung dapat Anda jumpai di tempat ini. Diantaranya yaitu, Kakatua Putih, Nuri merah kepala hitam, Kumkum, dan Kaka Tua Raja.

Waktu yang tepat untuk mengamati burung di taman tersebut Anda sebaiknya datang pada pukul 6 pagi sampai 9 WIT atau Anda bisa datang waktu sore sekitar jam 3 sore sampai jam 6 sore WIT.

Nah itu beberapa tempat wisata di Kota Sorong yang bisa Anda kunjungi di saat sedang berada di Sorong atau sedang lewat untuk berlibur Ke Raja Ampat. Tempat Manakah yang Anda sukai untuk berlibur?

Galeri untuk Menjelajahi Tempat Wisata Di Sorong Papua Barat

Gambar Gravatar

Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *