Nutrisi Sehat Untuk Otak Anak

243 views

Nutrisi Sehat Untuk Otak AnakBagaimana cara mendapatkan nutrisi sehat untuk otak anak. Siapa sih yang tidak ingin anaknya pintar, cerdas dan berprestasi, semua orang tua pasti menginginkannya. Memiliki anak yang cerdas bukan hanya kebetulan semata. Lingkungan, pola asuh mempengaruhi perkembangan si kecil, bukan hanya itu saja makanan yang memiliki nutrisi sehat juga berperan aktif terhadap pekembangan otak si kecil.

Pola makan si kecil harus di perhatikan karena sel otak dan saraf yang sedang berkembang membutuhkan nutrisi yang baik. Untuk itulah, sebaiknya para orang tua memperhatikan makanan yang sehat dan memiliki nutrisi baik untuk anak.

Makanan yang banyak mengandung nutrisi bukan hanya makanan yang mahal atau susah di dapat. Tidak sulit untuk mendapatkan nutrisi sehat untuk otak anak. Makanan yang memiliki nutrisi tersebut tersedia di sekitar kita. Harganya juga relatif terjangkau bahkan para orang tua bisa menanam makanan yang mengandung sumber nutrisi tersebut.

Sumber nutrisi tersebut terdapat dalam makanan alami. Berikut ini bebeberapa nutrisi penting untuk menujang perkembangan otak si kecil.

Nutrisi Sehat Untuk Otak Anak
  • Kolin

Kolin merupakan salah satu kelompok Vitamin B yang memiliki peranan penting dalam fungsi otak. kolin memiliki peranan penting dalam pembentukan memori pada anak kecil, dan berperan dalam pembentukan selubung sel.

Ada banyak makanan yang mengandung kolin dan untuk mendapatkannya tidak terlalu sulit. Karena bahan makanan tersebut tersedia di pasar. Makan yang kaya kolin seperti daging ayam, daging sapi, hati, kuning telur, kacang kedelai, kembang kol, tomat, kentang, susu dan kacang.

  • Asam Lemak Esesnsial

Asam lemak esensial terdiri dari 2 jenis yaitu omega-6 dan omega-3. Asam lemak esensial tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh, oleh karena itu bisa di dapat dari makanan dan suplemen. Asam lemak esensial memiliki pernana penting untuk pertumbuhan sel saraf dan otak.

Omega-6 bisa di dapatkan dari makanan pada minyak sayur, seperti minyak biji bunga matahari, minyak jagung, minyak kacang kedelai serta pada biji-bijian.

Omega-3 bisa di dapat dari sumber makanan seperti kacang kenari, kacang kedelai, biji rami. Omega-3 juga terdapat pada ikan laut sperti ikan sarden, ikan makarel dan ikan salmon.

  • Zat Besi

Zat besi adalah mineral penting untuk membantu anak agar selalu memiliki enegri lebih dan konsentarsi yang baik. Kekurangan zat besi dapat membuat anak mengalami penurunan fungsi kognitif, perkembangan motorik pada anak, dan kemampuan berbahasa si anak.

Makanan yang banyak mengandun sember zat besi di antaranya buah stroberi, brokoli, tomat, paprika, sayur bayam, kacang hitam, daging sapi, dan hati. Tersebut di antara makan yang banyak terdapat zat besi.

Nah, di atas sumber nutrisi sehat untuk otak anak. Agar anak tetap sehat, cerdas dan aktif sebaiknya para orang tua menjaga pola makan si anak. Namun dari beberapa makanan yang di sebutkan di atas Anda bisa mendapatkan makanan  yang mengandung nutrisi dari makanan lainnya.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *