Mengedit Tampilan WordPress Secara Offline

726 views

Mengedit tampilan wordpress secara offline – Mengedit tampilan wordpress sangat di perlukan selain untuk mempercantik tampilan blog juga untuk membuat pengujung blog lebih betah. Dengan tampilan dan isi Konten blog yang menarik tentunya pengujung semakin betah dan akan semakin penasaran dengan isi blog. Terkadang untuk merubah atau ber eksperimen tampilan blog harus merubah Php, CSS, HTML dan Javascrip, tidak jarang juga kalo pas salah menempatkan kode-kode tersebut tampilan blog akan eror.

Anda bisa membayangkan jika kita sedang mengedit themplate wordpress yang kaitannya dengan kode-kode tersebut ada kesalahan penerapan maka akan menggangu pengunjung blog. Untuk menghindari kejadian eror tersebut alangkah baiknya merubah thema WordPress secara offline.

Merubah tampilan wordpress Secara Offline bisa dilakukan di localhost tanpa perlu terhubung dengan internet. Jika Anda mencari di google ada banyak sekali jenis localhost untuk belajar WordPress secara offline. Saya sendiri menggunan teknik merubah tampilan wordpress secara offline dengan mengunakan XAMPP. Dan berikut ini adalah langkah-langkannya untuk mengunakan XAMPP.

  • Download dan Instal XAMPP

XAMPPUntuk melakuan atau ber eksperimen WordPress secara offline perlu menginstal XAMPP di komputer. Fungsi dari XAMPP adalah sebagia server yang berdiri sendiri(localhost) yang terdiri atas bebreapa program seperti Apache HTTP Server, MySQL database dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemerograman PHP dan perl.

Aplikasi XAMPP ini gratis dan bisa di donwload di server resminya, silahkan download dan instal di komputer. Untuk menginstal XAMPP di Windows buka berkas yang barusan di download dan lalu ikuti petunjuknya, lalu tekan nex dan nex sampai proses peng-instalan selesai.

Cara merubah tampilan wordpress secara offline

Proses selanjutnya adalah mengaktifkan XAMPP dengan menjalankan program tersebut di komputer, lalu aktifkan Apace, MySQL dan FileZilla jika sudah aktif buka browser lalu tulis localhost di browser Anda, saya menyarankan mengunakan Mozilla Firefox. Buatlah databese dengan di phpMyadmin, ini diperlukan untuk penginstalan WordPress di komputer, databsae tersebut bisa dinamai “wordpress” atau dengan nama yang lain kemudian klik database yang barusan dibuat.

database xamppLangkah berikutnya buatlah user untuk mengakses database yang telah dibuat dengan mengklik Priviliges atau hak akses ⇒ Add User ⇒ kemudian buatlah user di form user ⇒ pilih Check All ⇒ klig go untuk proses pembuatan user.

form user phpmyadminSekarang user pada database sudah ditambahkan, langkah berikutnya menginstal WordPress.

  • Instal WordPress

Wordpress Secara OfflineDownload file WordPress dengan mengunjungi situs resmi WordPress, kemudian ekstrak file WordPress yang sudah di download. Untuk windows biyasanya folder XAMPP berada di C\XAMPP copy paste file WordPress yang sudah di ekstrak barusan ke folder C\XAMPP\htcdocs\ lalu buat folder yang barusan di copy paste dengan nama web Anda.

Baca juga: Manfaat Blog di Internet

Kemudian instal Wordpres dengan nama web yang barusan dibuat yang isinya file ekstark paket WordPress, dengan menulisankan di broswer Anda “localhost/wordpress” jika folder yang barusan dibuat dinamai WordPress. Isilah form penginstalan sesuai dengan kemauan Anda untuk username dan paswod masukan sesuai user yang anda buat tadi di phpMyadmin. Kemudian klik instal setelah itu muncul notifikasi Success. selanjutnya adalah mulai melakukan aktifitas bloging WordPress secara offline dengan login untuk memulainya.

Galeri untuk Mengedit Tampilan WordPress Secara Offline

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.