Pengusaha Sukses Produk Kecantikan Asal Kebumen

317 views
Pengusaha Sukses Produk Kecantikan Asal KebumenBagi Anda para wanita mungkin sudah tidak asing lagi dengan produk kecantikan yang satu ini Sariayu Martha Tilaar. Brand produk kosmestik yang paling popular di Indonesia bahkan menjadi ikon lokal di mata dunia. Siapa sangka pendiri produk kecantikan yang terkenal dengan Sariayu Martha Tilaar ini adalah anak bangsa yang patut untuk dijadikan inspirasi bagi anak muda, generasi bangsa.
Lahir di Kebumen, Jawa Tenggah pada tanggal 4 September 1947. Seorang pengusaha terkenal di bidang kosmetik pemilik Martha Tilaar Group(MTG), sebuah group yang bergerak di usaha kosmestik dan jamu dengan merek dagangnya yang terkenal dengan brand Sariayu Martha Tilaar. Group usaha ini menaungi 11 anak cabang dengan karyawan sekitar 6.000 karyawan, 70% diantaranya karyawan wanita.
Ibu dari Bryan Emil Tilaar, Wulan tilaar, Pinkan Tilaar dan Kilala Tilaar adalah sosok wanita yang tidak pantang menyerah akan setiap usahanya. Ketika orang lain mengatakan tidak mungkin, Marta Tilaar sendiri tetap berusaha mencoba. Yang terpenting dalam usahanya bukan hambatanya tapi bagimana memecahkan setiap masalah.

Masa Kecil Sudah Terbiasa Berinovasi

Dengan sifat pantang menyerah akan kegagalan sehinga mengantarkan akan kesuksesannya seperti sekarang ini. Martha tilaar sendiri selalu berfikir positif dan inovatif. Sejak remaja, Martha Tilaar sudah terbiyasa menjual makanan-makanan kecil untuk uang jajannya. Ia juga suka merangakai kalung dan gelang dari sogo telik dan jail-jali yang tumbuh di tanah Eyangnya untuk di jual kepada teman-temanya di sekolah.

Baca juga: Budi Setiono Chef Executive Hotel Termewah di Dubai

Kebetulan, suaminya Prof.Dr.H.A Tilaar mendapat kesempatan belajar di luar negri. Martha sendiri mengambil jurusan kecantikan dan lulus dari Academy Of Beuty Culture, blomminton, Indiana, As. Setelah selesai dari pendidikan Martha membuka salon kecantikan di Negri Paman Sam. Dengan membagi-bagikan brosur sederhana yang di buatnya, berbagai promosi di lakukan dengan masuk kesekolah-sekolah, dan mendatangi rumah-rumah mantan dosen untuk di dandaninya. Begitu pula dengan pelajar  Indonesia, atau ibu-ibu yang ikut suaminya ke luar negri.

Pada tahun 1970 sepulangnya ke tanah air, Martha membuka salon kecantikan di garansi rumah milik ayahnya.  Ia terus berusaha mengembangan usahanya dengan membagikan brosur ke lingkungan sekitar, dan melayani pengunjungnya dengan sepenuh hati, sambil bercakap-cakap untuk mengambil emosiaanal. Pada tahun 1972 Martha membuka salon keduanya di Jln. Angur No. 3 cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sambil memasarkan produknya dengan brand Sariayu Martha Tilaar.

Pengusaha Sukses Produk Kecantikan Asal Kebumen

Dengan kegigihannya untuk mengekploisai keberagaman kekayaan Nusatara yang mengantarkanya hinga sampai saat ini. Memasuki tahun 1977 Martha Tilaar mendirikan sebuah perusahaan Pt. Martina Bento yang bergerak di bidang Jamu dan Kosmestik dan melucurkan Sariayu Martha Tilaar sebagai produk pertama. Dilanjutkan dengan membangun pabrik pertama di Jln Pulo Ayang, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur dan di resmikan oleh Ny Nelly Adam Malik istri wakil Presiden pada saat itu.

Tahun 1983 mendirikan Pt. Sariayu Indonesia, khusus distributor kosmestik Sariayu Martha Tilaar. Tahun 1986 mandirikan pabrik keduanya masih di kawasan yang sama kali ini di Jln Pulo Kambing yang di resmikan oleh istri wakil Presiden Umar Wirahadikusama, Ny. Karlina Umar Wirahadikusama. Tahun 1987 meluncurkan produk “senja di sriwedari”  sebagai trend tata rias baru, yang di dasari kekayaan alam dan budaya Indonesia. Produk tersebut meledak di pasaran, dan dari produk tersebutlah muncul produk-produk lain yang di dasari kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Pengusaha sukses produk kecantikan asal Kebumen. Produk lainnya yang Ia keluarkan Sumatra Bergaya tahun 1989, Putri Prawesmari(1990) mengambil dari etnik Cirebon dan Bali, Senandung Nyiur(1991) dari Pantai Indonesia, Riwayat Asmat(1992) dari Iran Jaya/papua, Rama-Rama Toraja(1993), dan, puncaknya adalah Trend warna pusako Minang Dari Minangkabau.

Sebagai bentuk kepedulaian terhadap perempuan ia mendirikan Yayasan Martha Tilaar. Ia bayak mendidik ibu-ibu tentang kecantikan. Tujuannya agar bisa mengerti kecantikan dan merawat diri. Namun yang terpenting agar meraka mempunyai keterampilan di bidang kecantikan. Bagi Martha wanita adalah pemersatu yang sangat besar perannya dalam suatu bangsa.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *