Apa Saja Perbedaan Bisnis Online dan Internet Marketing

297 views

Tampak sama, nyata beda! apa saja perbedaan bisnis online dan internet marketing. Saat ini mungkin banyak orang yang sering mendengar istilah bisnis onlie dan internet marketing. Terlebih bagi Anda yang sering bergelut di dunia bisnis online yang dilakukan melalui internet.

Namun tahukah Anda bahwa kedua istilah tersebut sebenarnya merupakan dua hal yang berbeda? Meskipun sama-sama mengunakan media yang sama yaitu internet bukan bearti bisnis online dan internet marketing mempunyai definisi yang sama lho. Keduanya jelas berbeda.

Dan tahukah Anda apa perbedaan keduannya? inilah ulasan lengkapnya untuk menambah wawasan Anda.

  • Dilihat dari Arti Bahasanya

Bisnis online terdiri dari dua kata yaitu bisnis dan online. Secara bahasa bisnis bearti suatu usaha yang menghasilakan uang. Sedangkan online adalah kegiatan yang dilakukan di dunia maya. Jadi bisnis online adalah sebuah usaha untuk menghasilkan uang yang dilakukan di dunia maya atau internet.

Sementara itu internet marketing juga terdiri dari dua kata yaitu internet dan marketing. Internet merupakan kata lain dari dunia maya. Sedangkan marketing merupakan suatu kegiatan agar  usaha yang sedang dilakukan dapat maju. Jadi internet marketing merupakan seuatu kegiatan agar usaha yang sedang dilakukan dapat maju.

Dari dua arti tersebut dapat disimpulkan bahwa bisnis online lebih luas maknanya daripada internet marketing. Internet marketing merupakan bagian dari bisnis online. Atau bisa dikatan suatu bisnis online dapat maju jika mengunakan internet marketing tertentu.

  • Dilihat dari Cara Kerjanya

Meskipun dua-duanya mengunakan cara yang sama yaitu melalui internet atau online namun dilihat dari cara kerjanya jelas berbeda. Bisnis online lebih mengacau suatu bisnis milik kita sendiri. Segala kebijakan dan sistem yang berlaku di dalamnya tergantung pada kita sendiri.

Hal ini berbeda dengan internet marketing. Karena internet marketing merupakan salah satu bagian dari bisnis online yang bergerak dibidang pemasaran maka sistem kerjanya sangat tergantung dari bisnis online itu sendiri. Internet marketing tidak bisa berdri sendiri.

Jadi jika Anda masuk dalam internet marketing maka Anda adalah pelaku sistem. Sedangkan jika Anda masuk dalam binsis online Anda adalah pemilik sistem.

  • Dilihat dari Macamnya

Bisnis online dan internet marketing mempunyai jenis-jenis yang berbeda karena memang titik berat keduanya berbeda. Macam-macam dari bisnis online antara lain bisnis toko online, bisnis penjualan produk digital, bisnis penjualan jasa, dan sebagainya. Sedangkan macam-macam dari intrnet marketing antara lain pemasaran secara afiliasi, dropship, publisher iklan PPC, dan sebagainya.

Kedua istilah tersebut memang berbeda. Namun keduanya mempunyai keterikatan satu sama lain. Bisnis online tidak akan sukses tanpa adanya internet marketing dan internet marketing tidak akan bisa jalan tanpa adanya bisnis online.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *