Salah Satu Manfaat Bawang Bombai Melawan Kanker

190 views

Salah Satu Manfaat Bawang Bombai Melawan Kanker10 Manfaat bawang bombai yang mungkin anda belum ketahui. Bawang bombai di olah sebagai bumbu masakan untuk melengkapi masakan agar rasanya semakin nikmat. Bawang bombai yang asalnya dari India memiliki ukuran yang lebih besar dari bawang merah. Dari segi bentuk hampir sama yaitu berlapis-lapis dan memiliki rasa pedas, perbedaannya kelihatan dari segi ukuran.

Untuk memanfaatkan bawang bombai menjadi bumbu masakan terkadang kita harus mengiris menjadi bagian-bagian kecil dan tidak jarang mata mengeluarkan air mata hal ini di sebabkan karena efek panas, pedas yang mengenai mata.

Selama ini kita hanya mengenal bawang bombai untuk bumbu dapur tampa mengetahui kandungan gizi dalam bawang bombai. Padahal bawang bombai memiliki banyak gandungan gizi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan gizi yang terdapat di dalamnya seperti Abu, Fosfor, Kalium, Kalori, Kalsium, Serat, Lemak, Protein, Karbonhidrat, Natrium, Zat besi, Air, Vitamin A, Vitamin B2, Vitamin C, Niacin dll.

Bawang bombai memiliki bau yang meyengat hal ini di sebabkan karena memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi, terkadang karena rasa dan bau yang tak sedap sebagian orang engan menkomsumsinya.   Akan tetapi setelah mengetahui manfaat bawang bombai untuk kesehatan tubuh, akankah anda menghindarinya.

10 Manfaat Bawang Bombai Untuk Kesehatan
  • Melawan Kanker

Bawang bombai kaya akan seyawa sulfida, senyawa yang memiliki khasiat melindungi sel-sel tubuh terhadap pertubuhan tumor.

  • Mengendalikan Kadar Glukosa Darah

Bawang bambai dapat membantu mengurangi kadar glukosa darah. Alil-propil-disulfida dan mineral krom(chromium) yang terdapat didalamnya membantu meningkatkan produksi insulin. Insulin adalah hormon yang membantu peyerapan glukosa oleh sel tubuh.

  • Mencegah Pengumpalan Darah

Senyawa sulfur yang terdapat di dalam bawang bombai memiliki khasiat atau manfaat untuk anti-penggumpalan darah.

  • Membantu Sistem Pencernaan

Bawang bombai mengandung serat pangan yang memabantu melancarkan pencernaan. Juga mengandung prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan (probiatik) dalam sistem pencernaan, sehingga dapat membantu sistem pencernaan.

  • Melindungi Tubuh dari Alergi

Bawang bombai kaya akan quercetin, suatu antioksidan yang di ketahui memiliki sifat anti-inflamasi (anti-radang) dan anti-alergi.

  • Menjaga Kesehatan Otak

Bawang bombai banyak mengandung Vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, piridoksin, float, dan thiamin yang merupakan nutrisi penting bagi otak dan berperan dalam mencegah ganguan saraf.

  • Memperkuat Tulang

Bawang Bombai mengandung beberapa nutrisi penting yang menjaga kepadatan tulang berupa mineral tembaga, kalsium, magnesium, dan fosfor.

  • Memperkuat Jaringan Penghubung

Seyawa sulfur yang terkandung  dalam bawang bombai memiliki manfaat dalam pembentukan jaringan penghubung.

  • Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Bawang Bonmbai Kaya Akan antioksidan berupa Vitamin C, quercetin, dan mineral mangan yang sangat berkhasiat dalam meyembuhkan demam dan influenza.

  • Mengurangi Resiko Hipertensi

Bawang bombai mengandung zat yang di sebut allicin yang menjaga kelenturan pembuluh darah, sehingga menjaga tekanan darah tetap normal.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *