Sungai Terpendek Kedua di Dunia di Indonesia

332 views

Dimana sih sungai terpendek di Dunia? pertanyaan yang sempat terbersit di pikiran saya. Dan mungkin pertanyaan itu juga menjadi pertanyaan Anda. Hmm ada yang tau nga yah dimana sungai terpendek didunia? Sungai terpendek di dunia ada di Georgia bernama sungai Perpu yang panjannya 18 meter. Sedangkan untuk sungai yang terpanjang di Dunia ada di Afrika yaitu sunga Nil dengan panjang 6650 kilometer, panjang banget yah?.

sungai tamborasi

Sungai Terpendek Kedua di Dunia Berada di Kabupaten Kolaka

Tapi jangan salah Indonesia menepati urutan Kedua untuk sungai terpendek di dunia. Tau kabupaten kolaka? Kalo tidak tau, coba buka peta Indonesia. Kabupaten Kolaka berada di Sulawesi tenggara, di Kabupaten Kolaka  sungai terpendek kedua di dunia. Sungai tersebut berada di desa Tamborsai dan sungai tersebut juga dinamai Tamborasi. Panjang dari sungai Tamborsai sekitar 20 Meter dari bibir pantai. Admin berkesempatan mandi di sungai tamborasi, hmm airnya dingin banget .

sungai tamborasi sungai terpendek kedua di dunia

Tapi jangan kwatir jika sudah mengigil sehabis mandi di sungai Tamborasi Anda bisa berjemur di pasir putih atau mandi di pantai. Pasir putih tersebut yang membatasi sungai Tamborasi dengan bibir pantai. Yang kurang lebih lebar pembatas pasir putih tersebut 10 meter menurut pengamatan saya.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Pantai Toronipa

Selain pendek sungai ini juga amat asri dengan panorama alamnya, airnya begitu jernih dan sepejang lereng ditumbuhi pepohonan yang semakin membuat ingin berlama-lama. Sumber air dari sungai Tamborasi berasal dari bawah lereng gunug, menurut saya didalam gunung pasti ada sungai.

Untuk bisa sampai ke sungai Tamborasi dari kota kolaka kurang lebih 3 jam dengan mengunakan mobil cateran. Jaraknya dari Kota Kolaka hanya sekitar 90 km dan sepanjang perjalanan ke sungai tamborasi Anda juga akan disungihi dengan pemandangan yang cukup menarik.

Tiket masuk ke sungai Tamborasi untuk orang dewasa hanya Rp 5.000,- per orang cukup murah untuk bisa menikmati panorama seindah dan airnya yang bisa membuat mengigil. Panorama Alam di Indonesia tidak kalah dengan panorama yang ada di luar, so kapan Anda akan ke sungai Tamborasi, Sungai Terpendek Kedua di Dunia di Indonesia.

Galeri untuk Sungai Terpendek Kedua di Dunia di Indonesia

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *