Suraganya Tempat Wisata Di Morotai Maluku Utara

388 views

Bosan liburan di Jawa? Kenapa tidak mencoba mengunjungi tempat wisata di Morotai? Bagi para traveler yang masih newbie, tempat ini mungkin terdengar sedikit asing. Pulau indah ini terletak di maluku Utara. Saking indahnya, tidak sedikit yang meyamakan level kecantikannya dengan Raja Ampat Papua.

Langit biru, laut yang jernih dan hamparan pasir putih membentang cantik. Tidak hanya itu, Morotai ini juga menyimpan banyak sekali gudang sejarah peninggalan Perang Dunia II sehingga dijuluki sebagai “Mutiara di Bibir Pasifik”.

Karena keindahan pantai dan sejarahnya yang sangat aduhai, serta berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik, pemerintah mulai mengistimewakannya dengan menggaet banyak investor untuk mambantu mengelola.

Kelebihan Tempat Wisata di Pulau Morotai

Pulau Morotai memiliki populasi penduduk sekitar 53.000 jiwa dengan luas daerah sebesar 1.800 kilometer persegi. Pulau ini memiliki beberapa pantai dengan pemandangan yang sangat memukau. Tidak hanya itu, ada banyak sekali keindahan bawah laut yang menyimpan segudang misteri dan menarik para pencinta diving untuk melihat-lihat.

Apa Saja Yang Bisa Saya Kunjungi?

Anda bisa mengunjungi beberapa pulau cantik di sekitar pulau ini saat tiba di sana, mulai dari pulau Rau, Pulau Cindamadoido, Pulau Golagolo Besar, Pulau Kacuwawa, Pulau Mitita dan sejumlah pulau lainnya. Tidak hanya itu, Anda bisa mengunjungi tempat wisata indah seperti Air terjun Raja, Tanjung Gorango, Air Terjun Wayubala, Patung Jendral Douglas McArthur dan Pantai Gorua.

Sejarah Pulau Morotai Di Masa Lampau

Sekitar abad ke-15 sampai dengan ke-16, Morotai berada di bawah pemerintahan Kesultanan Ternate. Saat itu sempat Portugis singah, namun tidak diterima dan memaksa mereka angkat kaki. Lokasi ini juga dijadikan landasan pesawat oleh Amerika setelah merebutnya dari Jepang ketika Perang Dunia ke-II di tahun 1944.

Saat Anda berkunjung ke tempat ini dan berbincang dengan penduduk lokal, Anda akan mendapatkan potongan cerita-cerita masa lalu dimana mereka sempat terlibat dalam pertempuran sengit. Sayangnya, banyak sekali bagunan bersejarah yang hilang akibat dibakar oleh tentara sekutu yang meningalakan pulau ini.

Akses Menuju Pulau Morotai

Bila Anda ingin berkunjung ke Morotai, pastikan melakukan penerbangan ke Ternate menuju Galela, Lalu dilanjutkan dengan jalur laut dari Pelabuhan Ahmad Yani. Dan jika sempat untuk mampir di ternate di sana ada banyak tempat wisata yang mempesona salah satunya Danau Tolire yang berada di bawah gunung Gamalama.

Anda bisa menggunakan kapal Ferry saat menuju ke sana. Jadwal Kebarangkatan kapal Ferry ini sekitar 20:00 WITA dengan jarak tempuh 10 jam untuk sampai di Imam Latori, Morotai Selatan atau sektar pukul 06:00 WITA.

Bagaimana? Tertarik berlibur ke Morotai? Pastikan Anda sudah mengantur jadwal libur, budgeting dan reservasi penginapan.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *