3 Tempat Wisata Indonesia Timur Paling Hits Berjulukan Surga Yang Tersembunyi!

378 views

Tempat wisata Indonesia Timur kembali ramai diekspos di social media bahkan hingga mancanegara. Jika kita mulai berbicara mengenai keindahan alamnya, waktu pun tidak pernah cukup.

Selalu saja ditemukan tempat-tempat indah oleh traveller atau penjelajah nusantara. Daerah Indonesia Timur ini sendiri dikenal memiliki banyak destinasi wisata alam yang terjaga keasriannya tanpa ada yang tercemar polusi udara, air, apalagi limbah. Berikut daftar tempat wisata di Indonesia Timur yang wajib Anda kunjungi:

1. Danau Sentani

Sebelum mendarat di Bandara Udara Sentani, Anda pasti telah disambut dengan pemandangan indah danau Sentani. Danau yang terhampar luas tersebut memiliki 22 pulau di tengahnya. Sehingga jika dilihat sekilas dari jendela pesawat, danau Sentani ini meyerupai lautan. Bukan hanya itu, danau ini pun memiliki sekitar 33 jenis ikan di dalamnya dan juga dikenal sebagai habitat asli ikan hiu gergaji yang hampir punah.

Pemandangan danau bisa dinikamati dengan menyewa perahu motor dari salah satu desa disana dan bagi wisatawan yang berkunjung di bulan Juni akan berkesempatan melihat Festival Danau Sentani yang rutin diselengarakan oleh masyarakat lokal. Perjalanan Anda pun belum lengkap sebelum membeli kain kulit kayu khas Papua di salah satu pulau disana, yaitu pulau Asei.

2. Raja Ampat

Siapa lagi yang belum mengenal tempat wisata Indonesia Timur Raja Ampat? Keindahan bawah lautnya menarik perhatian banyak pelancong nusantara dan mancanegara. Kawasan Raja Ampat yang terdiri dari empat gugus pulau besar seperti Waigeo, Missol, Salawati dan batanta ini memiliki 1.151 jenis ikan laut dan penyu di dalamnya.

Kekayaan biota laut Raja Ampat pun telah diakui oleh The Nature Conservancy dengan meyebutkan bahwa setidaknya 75% spesies laut di bumi bisa ditemukan di perairan Raja Ampat. Itulah pemandangan yang tidak ada habisnya bagi setiap peyelam.

Waktu meyelam pun tidak dibatasi namun menurut warga sekitar pemandangan bawah lautnya yang paling bagus bisa dilihat di bulan Oktober dan November. Sebab pada waktu-waktu tersebut perairan Raja Ampat sedang tenang dan jernih.

3. Taman Nasional Lorentz

Keberadaaan taman nasional Lorentz membuktikan bahwa tempat wisata Indonesia Timur tidak hanya menyuguhkan pemandangan indah bawah laut saja. Kekayaan alam Papua juga dilengkapi dengan keberagaman hayati yang terdapat di taman nasional Lorentz yang dinobatkan sebagai ekosistem terlengkap bagi keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik.

Selain itu, taman nasional Lorentz juga termasuk ke dalam 3 kawasan unik di dunia karena memiliki glester yang berada di daerah tropis. Untuk sampai ke tempat ini melaui jalur udara dapat diakses dari Jayapura, Merauke, dan Biak dengan menggunakan pesawat kecil Trigana Air, Manuggal Irlines, atau Merpati Nusantara Air Lines.

Itulah 3 tempat wisata yang paling hist di Indonesia Timur. Meskipun kendala yang sering ditemukan oleh wisatawan adalah akses perjalanan udara yang sangat minim, namun ada saja jalan untuk melihat keindahan Indonesia Bagian Timur.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *