Tempe Penyet Salah Satu Kuliner Nusantara

247 views

Tempe PenyetThepleng.com – Indonesia memiliki beragam kuliner yang cukup memanjakan lidah penikmatnya, salah satunya adalah tenpe penyet. Makanan khas dari Jawa ini terbilang makanan yang memiliki rasa cukup enak untuk di santap selagi perut sudah kerocongan. Bukan hanya di Jawa, Anda juga dapat menikmati tempe penyet di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Salah satu sebabnya makanan ini tersebar di kota-kota besar di Indonesia adalah pedagang makanan dari Jawa yang membawa khas masakan Jawa yang biasanya di jual di pinggir jalan.

Jika Anda berada di kota Sorong dan ingin menyatap tempe penyet ada banyak pedagang kaki lima yang bejualan menu ini. Cukup mudah untuk menemukan pedagang-pedagang tersebut karena biasanya mereka berjulan di sepanjang jalan besar yang ada di Sorong. Mereka berjulan pada saat malam hari, antara jam 6 malam sampai pertengahan malam. Jika Anda mencari warung kaki lima tersebut di siang hari di jamin tidak menemukan.

Warung kaki lima tersebut bukan hanya meyediakan tempe penyet, tetapi ada beberapa menu adalan mereka seperti ayam lalapan, pecel lele, nasi goreng dan soto ayam. Untuk menu minuman yang ada di warung-warung tersebut biasanya mereka meyediakan minuman es teh, teh panas dan es jeruk. Makan di tempat-tempat tersebut juga tidak terlalu menguras isi kantong karena menu makanan yang mereka jual bersahabat dengan isi kantong Anda.

Satu Porsi Tempe Penyet Rp 15,000,-

Untuk menyantap satu porsi tempe penyet yang ada di Kota Sorong masih tergolong cukup murah, satu porsinya di hargai Rp 15,000,- es teh Rp 5,000,- toatal untuk menikamti menu makanan tersebut cukup hanya mengeluarkan uang Rp 20,000,-. Harga tersebut tergolong murah untuk makan yang memiliki cita rasa tinggi dan memiliki manfaat kesehatan cukup banyak untuk menjaga kebugaran tubuh.

Satu porsi dari makan tersebut terbilang lengkap, satu porsinya terdiri dari nasi putih, tempe, telur dadar, kacang pajang, kubis, ikan asin, terong, timu dan sambal yang membuat makanan tersebut semakin nikmat. Jika di lihat dari bahan-bahan yang terdapat dalam satu porsi tempe penyet Anda pasti bisa membayangkan bahwa makanan tersebut memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

Untuk peyajian makan tersebut, biasanya tiap kota berbeda-beda dan tergantung dari pemilik warung kaki lima untuk menarik pelangannya. Untuk Kota Sorong penyajian dalam satu porsinya seperti di atas tersebut. Jika Anda masih belum puas dengan satu porsi tempe penyet Anda bisa mencoba mencicipi menu makanan lainya seperti Ayam lalapan atau nasi goreng.

Tidak ada salahnya kita membiasakan makan khas dari nusantara untuk menghargai kuliner yang tentunya memiliki cita rasa tinggi. Kuliner yang berasal dari Indonesia juga tidak kalah dengan makan-makanan dari luar negri, hanya saya penyajiannya cukup berbeda. Biasanya makan-makanan khas yang dari luar negri cara peyajiannya cukup menarik dan mereka menjual makan tersebut di gedung-gedung besar berbeda sedikit dengan pedagang lokal yang berada di pingir jalan besar. Tetapi untuk rasa dan nilai gizi tidak kalah dengan makanan yang dari luar.

Dengan membiasakan makan-makanan lokal kita telah berusaha menghargai dan meyebar luaskan kuliner nusantara, yang mudah-mudahan suatu saat nanti salah satunya tempe penyet dapat di kenal di luar negri seperti rendang yang sudah terlebih dahulu di kenal di luar. Mari bersama-sama sebagi anak negri kita membanggakan kuliner nusantara.

Gambar Gravatar
Wong ndeso yang berusaha untuk berbagi informasi yang menarik dan tentunya dapat memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *